5 KEBIASAAN YANG MEMPERLAMBAT METABOLISME!

0
319

1. Sarapan terlalu siang

Ketika kita tidur, tubuh kita tidak mendapatkan asupan makanan apa pun. Pada waktu tidur selama berjam-jam tersebut, metabolisme (proses mengubah makanan dan minuman menjadi energi) tubuh kita membutuhkan sesuatu untuk mamacunya. Untuk membuat proses pembakaran kalori tersebut berjalan, Senior Director of Communicty Health Improvement dari Public Health Improvement Partners, Joanne Rinker menguraikan pendangannya. Dia menyarankan kita agar mengonsumsi sesuatu untuk sarapan dalam satu jam setelah bangun tidur, atau lebih baik lagi dalam 15 menit.

2. Berhenti minum kopi

Sejumlah riset menunjukkan adanya efek positif dari konsumsi kopi dalam jumlah yang moderat. Kopi bisa mereduksi risiko penyakit kardiovaskular, penyakit syaraf tertentu, dan bahkan diabetes tipe 2. Minum kopi dengan kafein juga bisa menyebabkan peningkatan metabolisme yang meskipun hanya sementara, namun signifikan.

3. Kurang minum

Setiap proses sel dalam tubuh bergantung pada air. Jadi, tubuh yang kurang terhidrasi bisa berdampak pada menurunnya proses merabolisme. Ketika tubuh mengalami dehidrasi, kita menjadi kekurangan energi untuk berjalan, bersepeda atau melakukan kegiatan apapun yang mampu membakar kalori.

4. Diet terlalu ketat

Tak sedikit orang yang melakukan diet ketat untuk menurunkan berat badan. Kamu mungkin saja mendapatkan berat badan yang ditargetkan, namun memotong kalori tubuh dalam jumlah yang ekstrem akan membuat tubuhmu menahan kalori tersebut lebih ketat. Ketika tubuhmu kelaparan, tubuh akan mengimbangi dengan memperlambat pembakaran kalori. “Tubuh akan membakar kalori lebih sedikit, secara ekstrem memotong jumlah kalori yang digunakan untuk menghasilkan energi,” kata Gradney.

5. Kurang tidur

Kurang tidur bisa meningkatkan resistensi insulin. Hasilnya, level gula darah akan meningkat. Kondisi ini juga akan mengacaukan level hormon yang berdampak pada metabolisme tubuh. Selanjutnya, level kortisol atau hormon yang berkaitan dengan penyimpanan lemak pun akan meningkat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here