5 HAL SALAH SAAT MELAKUKAN SQUAT

0
331

1. Kurang menekan otot saat squat

Melatih otot tubuh bagian bawah, yaitu glutesquads, dan harmstring, dapat membantu memperbaiki bentuk tubuh. Namun untuk mendapatkan hasil yang optimal, kamu perlu memberikan tekanan yang cukup saat melakukan squat. Saat menurunkan tubuh, lakukan sehingga otot terasa mengencang dan kamu merasa gerakan tersebut ‘membakar’ lemak di area tubuh.

2. Squat setelah melakukan kardio

Jika tujuanmu adalah untuk membentuk bokong yang lebih kuat dan lebih besar, melakukan squat setelah kardio bisa menjadi kesalahan terbesar, Bela. Kalau kaki sudah merasa kelelahan setelah berlari atau gerakan kardio lainnya, kamu nggak punya cukup energi untuk melakukan gerakan squat. Karena itu, kamu nggak akan melihat banyak perubahan jika nggak bisa bergerak semaksimal mungkin dengan menambahkan resistensi dan tambahan beban pada setiap set.

3. Gerakan squat kurang turun

 

Awal melakukan squat memang cukup berat, dan kamu mungkin merasa kurang kuat untuk lebih menurunkan gerakanmu. Namun, itu hanya akan memperlambat hasil yang kamu inginkan, Bela. Jika ingin bentuk tubuh bagian bawah yang ideal, coba lebih menurunkan squat-mu. Posisikan paha paralel sampai ke lantai/tanah (atau bahkan lebih rendah lagi) sebelum mendorong tubuh naik kembali. Dengan begitu, kamu bisa membentuk tubuh dengan lebih cepat dan lebih efisien.

4. Tidak mengambil waktu istirahat

Rutin olahraga itu penting, tapi bukan berarti kamu nggak boleh beristirahat. Otot-otot yang kamu latih membutuhkan waktu untuk sembuh. “Kamu mengalami rasa sakit karena gerakan olahraga tersebut merobek jaringan otot,” ujar Massy Arias, pelatih fitness di Los Angeles, “Otot-otot tersebut perlu memperbaiki sendiri secara penuh agar dapat mengulangi proses yang sama.” Jadi, kamu perlu mengambil satu-dua hari istirahat!

 

Posisi tubuh yang kurang tepat

Posisi tubuh yang salah dapat meningkatkan risiko kecelakaan, serta hilangnya hasil bentuk tubuh ideal yang diinginkan. Lalu, bagaimana postur tubuh yang benar? Tempatkan kedua kaki sejajar dengan bahu, dada terangkat, dan lutut nggak sampai melampaui jari kaki ketika melakukan squat. Tumit kaki pun nggak terangkat saat sedang squat. Pada dasarnya, squat harus terasa natural, seperti ingin duduk di kursi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here