Kedahsyatan Lubang Hitam Maha Raksasa

0
195

Di film starwars yg baru ada adegan dimana beberapa planet di hancurkan dengan cara di tembak oleh energi yg di sedot dari bintang (matahari). Starwars sendiri cuman film fiksi tapi di dunia real memang ada fenomena planet bisa hancur bila kena tembak oleh energi yg di pancarkan oleh bintang maha raksasa yg sudah mati.

Dan photo dibawah ini adalah bukti dari hal itu dimana bintang maha raksasa yg sudah mati dan berubah jadi lubang hitam supermassive (Lubang Hitam maha raksasa) mampu menembakan energi berupa jet yg sangat dahsyat.

Saking dahsyatnya jet ini bukan hanya mampu menghancurkan beberapa planet doang tapi bisa menghancurkan jutaan bintang2 bahkan mungkin bisa sampai milyaran planet dan bintang2.

Dan hebatnya lagi semburan jet dahsyat ini bergerak secepat cahaya dengan jangkauan sampai 300.000 tahun cahaya, padahal galaksi kita bimasakti ini saja cuman selebar 100.000 tahun cahaya dan di huni hampir triliunan bintang dan planet2

Supernassive black hole (atau lubang hitam supermassive) memang adalah benda paling dahsyat di alam semesta yg kita ketahui karena benda ini adalah lubang hitam yg tumbuh sangat besar dengan memangsa banyak lubang hitam lainnya.

lubang hitam sendiri awalnya adalah bintang yg ukurannya berkali2 lipat matahari kita, dan saat mereka kehabisan bahan bakarnya alias mati mereka runtuh kedalam dengan kekuatan maha dahsyat yg bahkan tidak bisa ditahan oleh kekuatan atom sehingga seluruh materinya seperti tertelan dalam singularitas (keruntuhan dimensi ruang waktu) dan hasilnya tercipta sebuah lubang yg membolongi ruang dan waktu. saking dahsyatnya lubang ini bahkan dia mampu menelan semua benda termasuk mampu menelan cahaya juga, bahkan gravitasi yg di hasilkan lubang hitam mampu membengkokan ruang dan waktu di sekitarnya. sehingga hukum fisika umum tidak berlaku dan bisa membuat waktu berjalan jauh lebih lambat.

Seniman ini menggambarkan lubang hitam supermasif yang berputar cepat dikelilingi oleh cakram akresi. Materi berputar cakram tipis ini tersisa dari bintang mirip Matahari yang terkoyak oleh gaya pasang surut lubang hitam. Guncangan di puing bertabrakan serta ledakan supernova.
lubang hitam sendiri sebenarnya tidak berwarna hitam dia di sebut lubang hitam karena tidak ada yg bisa keluar bila terhisap benda ini bahkan cahaya pun bisa membengkok dan tersedot kedalamnya, sehingga kita tidak tahu keberadaanya.
Nah lubang hitam sendiri terkadang bisa menyedot planet atau bintang bila terlalu dekat denganya bahkan terkadang lubang hitam ini bisa menyedot sesama lubang hitam dan bila dia menyedot sesama lubang hitam dia akan tumbuh semakin besar, bahkan sampai jutaan dan milyaran kali lebih besar dari matahari kita dan bila lubang hitam yg sudah sangat besar (massive blackhole) ini menyedot dan bergabung dengan lubang hitam massive lainnya dia akan menciptakan lubang hitam supermassive (supermassive blackhole) yg masanya susah untuk di bayangkan. dan lubang hitam semacam inilah yg umumnya menjadi inti dari sebuah galaksi yg mampu memutar dan menggerakan triliunan bintang dan planet2 lainnya pada sebuah galaksi.
Tapi walupun mampu memutar dan menggerakan triliunan bintang dan planet, terkadang lubang hitam ini juga tetap menelan banyak bintang yg terlalu dekat dengan dirinya, nah saat dia menelan banyak bintang ini dia akan memancarkan zet maha dahsyat seperti di gambar ini. zet ini sendiri adalah partikel sisa hasil makan lubang hitam supermassive ini yg tersembur diantara kutub2nya.
Galaksi Pictor A

Gambar yg kita lihat ini berasal dari Galaksi Pictor A yg jaraknya sangat jauh dari galaksi kita dan untuk mendapatkan gambar ini para ilmuwan perlu menggabungkan photonya selama 15 tahun yg diambil dengan menggunakan 2 buah telecsope canggih yaitu telescope Candra yg berupa satelite luar angkasa dan telescope radio di bumi yg bernama Red.

Jadi masih mikir bumi yg kita diami ini adalah bagian penting dan istimewa dari semesta ? think again bumi kita ini tidak lebih dari sebutir pasir di luasnya pantai alam semesta, bahkan keajaiban di bumi ini tidak ada artinya dengan keajaiban alam semesta di luar sana

Sumber Artikel : http://www.sainsbaster.com/2018/03/kedahsyatan-lubang-hitam-maha-raksasa.html

Referensi :
http://www.astronomy.com/news/2016/02/blast-from-black-hole-in-a-galaxy-far-far-away
https://www.nasa.gov/audience/forstudents/k-4/stories/nasa-knows/what-is-a-black-hole-k4.html
https://en.wikipedia.org/wiki/Black_hole

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here