MITOS ATAU FAKTA SAYURAN YANG DIMASAK AKAN KEHILANGAN NUTRISINYA

0
393

Salah satu cara untuk menikmati sayuran adalah dengan memasaknya terlebih dahulu. Ya, memasak membuat sayuran menjadi lebih enak untuk dinikmati. Walaupun, mungkin beberapa sayuran lebih enak disantap mentah-mentah atau sebagai lalapan. Pemasakan sayuran memang memberi manfaat, tetapi di balik itu juga dapat merugikan.

Dikatakan merugikan karena panas yang dihasilkan saat memasak sayuran dapat menghilangkan nutrisi yang terkandung dalam sayuran, terutama vitamin dan mineralnya. Beberapa vitamin memang dikenal tidak tahan terhadap panas, seperti vitamin C dan vitamin B. Kedua vitamin ini termasuk ke dalam vitamin larut air yang juga dapat larut bersama air pada proses pemasakan.

Banyak orang percaya bahwa sayuran mentah lebih sehat, karena kandungan dan nutrisinya masih lengkap. Sedangkan, sayuran yang dimasak telah kehilangan nutrisinya.

Memasak sayuran itu baik, karena bisa membunuh kuman atau bakteri. Nah, sebaiknya memasak sayuran tidak terlalu lama agar kandungan nutrisi tetap cukup dan kuman bisa mati.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here