BRAND INDONESIA INI SERING DI KIRA BRAND LUAR NEGRI

0
298

Karena dipasarkan dengan cara berbeda dan elegan, banyak yang mengira kuliner asal Indonesia berikut ini sebagai produksi luar negeri. Padahal merek lokal tersebut justru berkembang dan bersaing di pasar internasional.. !

 

1. J.CO

Ternyata J.CO adalah merek dagang asli Indonesia yang sudah ada sejak tahun 2005 lalu. Salah satu anak usaha milik Johny Andrean ini membuka outlet pertamanya di Supermall Karawaci.

Hingga saat ini, gerai tersebut terus berkembang hingga ke luar negeri seperti Singapura, Malaysia, Filipina, dan China. Kualitas rasa dan konsistensi dari donat serta olahan kopinya adalah kunci sukses J.CO di pasar lokal maupun internasional.

 

2. Hoka-Hoka Bento

Meskipun sudah berdiri sebagai makanan cepat saji ala Jepang, tapi Hoka-Hoka Bento nyatanya brand asal Jakarta, lho. Hoka-Hoka Bento atau disingkat Hokben diciptakan PT Eka Boga Inti pada 1985 silam.

Dalam bahasa Jepang, Hoka-Hoka Bento punya arti “makanan hangat dalam boks”, karena konsep mereka dalam menyajikan makanan khas Jepang secara cepat dan hangat. Saat ini mereka memiliki lebih dari 350 gerai yang tersebar di seluruh Indonesia

 

3. Silver Queen

Karena nama produk dan kemasannya yang elegan, cokelat Silver Queen sering dikira merek asing. Padahal cokelat ini di bawah naungan PT Petra Foods asal Indonesia yang bekerja sama dengan perusahaan besar dunia, Procter & Gamble, yakni perusahaan yang juga mengelola Ceres dan Delfi.

Produk yang telah diproduksi sejak 1950 silam tersebut punya daya saing sangat kuat, tak hanya di dalam negeri, tapi juga di kancah Internasional. Bahkan, Silver Queen menjadi salah satu saingan berat perusahaan cokelat raksasa asal Amerika Serikat, M&M’s

 

4. California Fried Chicken (CFC)

Restoran cepat saji ini tak berasal dari California seperti namanya, melainkan dari dalam negeri. Awalnya, gerai ayam goreng tersebut bernama California Pioneer Chicken dan mengalami perubahan nama pada 1988. Saat ini, CFC telah memiliki ratusan outlet yang tersebar di seluruh Indonesia dan menjadi salah satu yang paling populer.

 

5. Excelso

Desain logonya yang simpel dan elegan membuat Excelso nampak seperti coffee shop merek luar, layaknya Starbucks. Namun, outlet yang pertama kali berdiri pada 1991 lalu tersebut merupakan produksi Indonesia. Excelso terus berkembang pesat, bahkan di tahun 2016 saja, mereka telah memiliki 126 gerai dilebih dari 30 kota.

Ternyata produk unggulan Indonesia bisa punya kualitas yang bagus, bahkan diekspor ke luar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here