GEJALA – GEJALA YANG AKAN KAMU ALAMI SAAT BERHENTI MEROKOK

0
334

1. Insomnia dan kesulitan konsentrasi

Asupan nikotin yang berkurang dari tubuh akan menimbulkan gangguan tidur di kala malam dan kesulitan berkonsentrasi saat hari siang. Hal ini terjadi karena perubahan regulasi terhadap dopamin yang biasanya meningkat saat merokok menjadi berkurang atau tidak ada lagi.

 

2. Emosi tidak stabil

Gejala awal seperti perubahan mood terjadi karena pengaruh metabolisme endokrin dan saraf pusat. Tubuh yang sudah tidak terasup nikotin mengalami ketidakseimbangan sementara yang berakibat pada kondisi psikologis.

 

3. Meningkatnya nafsu makan

Sebagai pengganti nikotin, seorang mantan perokok cenderung akan memakan hal lain seperti snack dan sebagainya. Ketika berhenti merokok, kamu akan mengalami penurunan gula darah. Akibatnya tubuh menginginkan hal lain melalui rasa lapar yang tiba-tiba. Untuk mengatasinya, tubuh memerlukan karbohidrat, gula, dan makanan lain.

 

4. sulit buang air besar

Tidak semua orang yang berhenti merokok mengalami konstipasi atau sembelit atau kesulitan buang air besar. Gejala ini hanya dialami oleh 1 dari 6 orang yang berhenti merokok. Hal ini terjadi karena ada perubahan ritme pada sistem pencernaan setelah asupan nikotin ditiadakan.

 

5. Gejala flu

Gejala seperti ini umum disebut dengan “quitter’s flu”. Lazim dialami oleh orang yang berjuang berhenti merokok. Tubuh akan mengalami demam ringan, lemas, batuk, hidung tersumbat, tenggorokan kering. Perubahan tubuh tanpa nikotin ini hampir sama dengan reaksi tubuh ketika menghadapi kuman penyakit. Gejala ini hanya berlangsung beberapa hari kok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here