MITOS ATAU FAKTA SODA DAN JUNK FOOD PENYEBAB OBESITAS

0
378
ChipotleChickenClub 138

Junk food adalah istilah yang mendeskripsikan makanan yang tidak sehat atau memiliki sedikit kandungan nutrisi. Junk food mengandung jumlah lemak yang besar. Makanan cepat saji seperti hamburger, kentang goreng dari McDonald, KFC dan Pizza Hut sering dianggap sebagai junk food.

Junk food termasuk kedalamnya jenis makanan yang tinggi kandungan garam, gula, lemak dan tinggi kalori serta rendah nutrisi. Makanan bergaram, permen, permen karet, makanan penutup yang mengandung gula, makanan cepat saji gorengan, dan minuman yang berkarbonasi adalah jenis junk food yang utama. Umumnya, junk food menawarkan sedikit protein, vitamin dan mineral dan tinggi kalori yang berasal dari gula atau lemak. Istilah nol kalori mencerminkan sedikit nutrisi pada junk food ini.

Peneliti di Universitas Cornell menyebutkan bahwa makanan siap saji dan minuman soda bukanlah penyebab obesitas.  Studi ini menemukan bahwa minuman bersoda, permen, dan makanan cepat saji tidak berdampak pada Body Mass Index, yang artinya makanan dan minuman tersebut tidak berdampak pada kenaikan berat badan yang menyebabkan obesitas. Hasil ini dibuktikan dari 95% responden yang suka minum minuman bersoda dan makanan cepat saji, ternyata memiliki badan kurus.  Sebaliknya, obesitas sebenarnya terjadi karena jumlah kalori yang mereka konsumsi.

Ini adalah salah satu mitos dan kesalahan asumsi yang sudah tergeneralisasi di masyarakat. Obesitas kental kaitannya dengan gaya hidup, pola makan, kondisi metabolisme, hingga faktor genetis. Konsumsi makanan cepat saji tak akan serta merta membuatmu gemuk jika diimbangi dengan gaya hidup seimbang dan olahraga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here