MITOS ATAU FAKTA MINUM SUSU BERSAMAAN DENGAN MINUM OBAT TIDAK BOLEH

0
340

Beberapa dokter mungkin sering mengingatkan bahwa minum obat dengan susu itu dilarang. Faktanya, hal tersebut itu tidak masalah.

Sebenarnya minum susu setelah minum obat tidak berbahaya, tapi tidak dianjurkan untuk semua jenis obat. Obat yang tidak dianjurkan diminum bersama dengan susu merupakan jenis antibiotik. Susu yang diminum dengan antibiotik akan membentuk zat yang tidak larut dan tidak dapat diserap tubuh.

Pasalnya, protein susu dapat  berinteraksi dengan zat obat tertentu sehingga menghambat obat untuk bekerja sebagaimana mestinya. Ada pula obat-obatan yang justru dapat mengubah cara kerja tubuh menyerap nutrisi makanan ketika berinteraksi dengan susu.

 

Berikut jenis-jenis obat yang boleh diminum dengan susu:

  • Obat kortikosteroid seperti prednisole dan dexamethasone. Jenis obat ini dapat meningatkan pembuangan kalsium dan kalium dalam tubuh. Oleh karena itu, obat ini dianjurkan untuk diminum dengan susu untuk menghindari tubuh kekurangan kalsium dan kalium.
  • Obat non streoid anti-inflamasi (NSAID) seperti ibuprofen, diclofenac, aspirin , naproxen. Jenis obat-obatan ini dapat memicu iritasi pada usus pada beberapa orang, sehingga minum susu setelah minum obat dianjurkan karena dapat mengurangi efek samping tersebut.
  • Obat untuk penyakit HIV, seperti ritonavir, saquinavir dan nelfinavir dapat diminum dengan susu untuk memastikan jika obat-obatan tersebut terserap ke aliran darah dengan benar.

 

Beberapa jenis antibiotik tidak disarankan dikonsumsi dengan susu.

Misalnya tetrasikilin karena kalsium dalam susu mengikat zat antibiotik dan mencegah penyerapan nutrisi di usus.

Selain itu, antibiotik golongan kuinolon seperti levoflaxcin, ciprofloxacin, dan lain sebagainya juga tidak bisa diminum dengan susu atau produk olahan susu. Bahkan bukan hanya susu, ada banyak jenis makanan lain yang justru dapat mengganggu kinerja antibiotik itu sendiri.

Namun begitu, tidak semua antibiotik pantang diminum bersama atau sebelum susu. Beberapa jenis antibiotik justru dapat diserap lebih baik oleh tubuh apabila diminum dengan makanan atau susu. Jadi, selalu konsultasi ke dokter atau apoteker sebelum minum obat jenis apapun. Tujuannya memastikan agar obat yang Anda minum dapat bekerja secara optimal. karena mengandung

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here