5 BINATANG AIR PURBA YANG MAMPU BERTAHAN HINGGA MASA KINI

0
538

1. Coelacanth

Coelacanth merupakan salah satu hewan purba yang masih hidup pada masa sekarang, di mana ikan ini sudah hidup sejak zaman Karbon, sekitar 400 juta tahun yang lalu. Terdapat dua spesies Coelacanth yang masih hidup saat ini, yakni West Indian Ocean coelacanth dan Indonesian coelacanth, di mana hewan ini hidup di perairan dalam sekitar 150 meter di bawah permukaan laut. Makanan ikan ini adalah ikan kecil dan crustacea, dengan ukuran panjang mencapai 2 meter dan berat hampir 100 kg.

 

2. Nautilus

Nautilus adalah hewan laut purba yang masuk dalam filum Molusca, dan genus Cepalopoda, di mana hewan ini hidup sejak 400 juta tahun yang lalu sebelum munculnya ikan. Hewan ini merupakan satu satunya cepalopoda yang memiliki cangkang, berbeda dengan cumi-cumi dan gurita. Makanan dari hewan ini adalah kepiting dan hewan kecil lainnya, di mana ukurannya mencapai 8 inci.

Selain itu habitatnya berada di sekitaran Kawasan Indo Pasifik, yang mana pada siang hari ia masuk berada di perairan dalam untuk berlindung dari predator, sedangkan saat malam menuju ke permukaan untuk mencari mangsa.

 

3. Horseshoe Crabs

Horseshoe crab menjadi hewan purba yang memiliki bentuk unik banget, di mana seluruh tubuhnya tertutup oleh tameng. Binatang yang tergolong antropoda ini telah hidup sejak 360 juta tahun lalu, serta tidak mengalami banyak perubahan bentuk. Terdapat empat jenis horseshoe crab yang memiliki habitat di pesisir Amerika Utara, Asia Selatan, Asia Tenggara dan Asia Timur. Makanan dari hewan ini adalah cacing dan moluska, bahkan terkadang juga memangsa ikan kecil.

 

4. Goblin Sharks

Goblin Shark adalah spesies hiu langka yang yang hidup di lautan dalam, yang mana ikan ini sudah ada sejak 125 juta tahun yang lalu. Ukuran ikan hiu ini mampu mencapai 3-4 meter, dan memiliki habitat di lereng benua yang ada di seluruh dunia, yang mana hidup dalam kedalaman lebih dari 100 meter. Makanan utama dari ikan ini adalah ikan kecil di dasar lautan dan berbagai jenis crustacea.

 

5. Tadpole Shrimp

 

Tadpole Shrimp yang telah hidup sejak Zaman Triassic,sekitar 220 juta tahun yang lalu dan tidak mengalami perubahan bentuk hingga saat ini. Bentuk dari hewan artropoda ini sangat unik, dengan perut beruas dan sekilas menyerupai bentuk dari kecebong. Selain itu ukurannya kecil hanya 2 hingga 10 cm dan makanan utamanya adalah ikan kecil atau udang kecil. Habitat dari binatang ini berada di danau dan kolam yang mengering, serta tadpole shrimp hanya hidup normal selama 20 hingga 90 hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here