MITOS ATAU FAKTA MAKAN TELUR BISA MENIMBULKAN BISUL

0
419

Ada sebuah mitos yang dipercaya oleh masyarakat yang menyebutkan bahwa kebiasaan makan telur bisa menyebabkan bisulan, khususnya yang muncul pada bagian pantat. Jika bisul ini muncul, kita tentu akan tidak nyaman untuk duduk atau melakukan berbagai aktifitas. Mitos ini seringkali diungkapkan oleh orang tua atau sudara lainnya pada anak-anak atau generasi muda, khususnya bagi anak-anak yang suka mengkonsumsi telur sebagai lauk.

Dalam bahasa kedokteran, bisul disebut furunkel.Bisul merupakan radang atau infeksi yang disebabkan oleh kuman atau bakteri staphylococcus aureus. Sebenarnya, bisul bisa menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak.

Kebersihan sangat menentukan muncul atau tidaknya bisul di kulit kita. Jika lingkungan kurang bersih, infeksi pun mudah terjadi.

Sementara, kita sering main di luar sehingga terkena debu dan kotoran. Bahkan, ada juga yang sering tidak cuci tangan tapi langsung makan.Karena kotor, badan kita jadi gatal-gatal. Kita pun jadi menggaruk kuit dengan tangan dan kuku yang kotor.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya orang tua tidak lagi menakut-nakuti anaknya saat memakan telur karena memang bukan penyebab dari bisul. Ada baiknya orang tua justru mengajari anaknya menjaga kebersihan dengan lebih baik agar tidak terkena penyakit kulit ini.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here