MITOS ATAU FAKTA PISANG TIDAK BAIK UNTUK PENDERITA DIABETES

0
326

Buah pisang merupakan salah satu buah favorit yang digemari oleh semua orang, dari usia muda hingga tua. Buah ini bisa dikonsumsi langsung saat matang ataupun bisa diolah menjadi berbagai macam olahan yang dapat menggugah selera. Buah pisang memiliki rasa yang enak dan manis, jadi tidak masalah jika harus dikonsumsi secara langsung.

Pisang aman untuk dikonsumsi bahkan untuk penderita diabetes, karena rendah indeks glikemik menengah. Ini telah direkomendasikan dan disetujui oleh sebagian besar asosiasi kesehatan.

Terlepas dari rasanya yang enak dan manis, buah ini masih memiliki banyak kontroversi, terutama mengenai efek serta manfaatnya bagi tubuh. Banyak yang beranggapan bahwa buah ini memiliki kandungan nutrisi yang menyehatkan, namun tidak sedikit pula yang mengklaim bahwa buah ini juga akan membahayakan kesehatan jika dikonsumsi dalam porse berlebih.

American Diabetes Association (ADA) merekomendasikan dan mengizinkan penderita diabetes makan pisang, kalau saja takaran dan kandungan karbohidrat tidak berlebih.

Ukuran penyajian yang disarankan untuk penderita diabetes makan pisang adalah satu pisang ukuran kecil, yang panjangnya tidak lebih dari 15 cm. Pisang dengan ukuran tersebut saja sudah mengandung 19 gram karbohidrat, yang juga merupakan ⅓ takaran wajib karbohidrat yang harus penderita diabetes patuhi.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here