MITOS ATAU FAKTA BERENANG BISA TINGGIKAN BADAN KITA

0
446

Berenang adalah salah satu olahraga air yang mengasikan, tapi setidaknya Anda harus tahu seberapa bagus berenang itu. Ada berbagai jenis berenang di antara yang paling umum adalah gaya bebas, gaya punggung dan gaya dada. Dalam penyelaman otomatis, otot kita bereaksi terutama terhadap otot tangan dan kaki, selain pernapasan kita juga dilatih.

Untuk menikmati manfaat berenang, tidak hanya didominasi oleh atlit atau perenang profesional. Berenang sebenarnya adalah jenis latihan yang bisa dilakukan oleh seluruh kelompok usia dengan berbagai manfaat, terutama jika hal ini dilakukan secara teratur.

Berenang bisa membangun kekuatan tubuh karena untuk bergerak dalam air, seseorang membutuhkan kekuatan. Lebih rinci, berenang sebagai latihan fisik melatih semua kelompok otot utama, dari bahu, punggung, panggul, pantat, ke kaki.

Salah satu cara bagus dalam usaha meninggikan badan adalah berenang. Selain basket dan beberapa jenis olahraga lainnya. Berenang dinilai efektif untuk membuat badan lebih tinggi, hal ini dari berbagai penelitian para ahli.

Dilansir dari sahabatnestle.co.id, sebuah tulisan dari Dr. Soedjatmiko, Sp.A(K), Msi, menjelaskan faktor-faktor apa saja yang membuat seseorang bertubuh tinggi, mulai sejak anak-anakl.

Berenang melatih semua otot-otot tubuh sehingga memungkinkan membantu anak untuk bertambah tinggi. Berenang memicu hormon-hormon pertumbuhan bekerja lebih agar anak terus bertambah tinggi dan berkembang.

Tetapi, pertambahan tinggi badan tidak hanya dipicu oleh aktivitas renang. Hal lain yang lebih menentukan adalah faktor keturunan. Jika tinggi badan anda dan pasangan biasa-biasa saja maka besar kemungkinan tinggi badan anak juga biasa-biasa saja. Dan sebaliknya, jika tubuh orang tua tinggi maka anak juga cenderung memiliki postur tubuh tinggi.

Faktor selanjutnya adalah nutrisi, penting memperoleh nutrisi yang memadai dan seimbang untuk proses tumbuh kembang anak yang baik. Sehingga, walaupun anak sering berenang, tetapi pola makannya buruk, bisa menjadi hambatan pada pertumbuhan tinggi badannya.

Faktor selanjutnya yaitu istirahat yang cukup, sehingga miliki pola tidur yang baik dan sehat.Pertumbuhan tinggi badan yang cepat, terjadi pada usia 9-12 tahun. Pada saat ini hormon-hormon pertumbuhan bekerja sangat aktif. Dengan melakukan aktifitas fisik yang cukup, seperti berenang, penambahan tinggi badan akan maksimal.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here