5 MANFAAT DARK CHOCOLATE UNTUK TUBUH

0
494

1. Membantu mengobati diabetes

Khasiat dark chocolate yang pertama untuk tubuh adalah dapat mengobati diabetes. Dark chocolate mengandung sedikit gula dibandingkan dengan jenis coklat lainnya, sehingga aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Selain itu, kakao yang ada pada dark chocolate dapat meningkatkan sensivitas insulin dan menurunkan gula darah, sehingga membantu penderita diabetes tipe 2 untuk mengontrol kadar gula darah agar tetap stabil. Namun, meski dapat membantu mengobati diabetes, tetap konsumsi dalam jumlah batas kalori yang telah ditentukan saja.

 

2. Membantu mengurangi serangan asma

Ternyata dark chocolate gak hanya mampu mengobati diabetes saja lho, namun juga bisa membantu mengobati penyakit asma, mengapa bisa? Karena dark chocolate mengandung 3 komponen alami yaitu kafein, teofilin, dan teobromin, yang ketiganya dapat saling membantu untuk menghentikan bronkospasme, serta juga membuka saluran bronkial yang menyempit, sehingga dapat membantu mencegah serangan asma datang kembali.

 

Meningkatkan fungsi kognitif dan mencegah depresi

Berdasarkan data dari studi yang dilakukan pada tahun 2008, dan yang diterbitkan di Journal of Nutrition, kandungan flavonoid yang ada pada dark chocolate, mampu untuk meningkatkan fungsi kognitif, khususnya pada kaum lansia, sehingga dapat menurunkan resiko penyakit saraf, seperti Alzheimer dan Parkinson.

Selain itu, dark chocolate juga dapat meningkatkan produksi serotonin dan endorfin, yang dimana jika kekurangan hormon serotonin ini, dapat menyebabkan depresi. Hormon serotonin merupakan salah satu neutrotransmitter utama pada otak yang dapat mempengaruhi suasana hati seseorang.

 

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Ternyata dark chocolate gak hanya mampu meningkatkan fungsi kognitif dan mencegah depresi, namun juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Kandungan flavanol pada coklat hitam dapat meningkatkan kesehatan jantung, dengan cara menurunkan tekanan darah, serta meningkatkan aliran darah ke jantung dan otak. Selain itu, dark chocolate dapat mengurangi resiko pembekuan darah, yang nantinya dapat memicu serangan jantung.

 

4. Mencegah kanker

5.

 

Dark chocolate termasuk dalam 10 makanan yang tinggi antioksidannya. Dengan antioksidannya yang tinggi, dark chocolate dapat melawan radikal bebas yang bisa menyebabkan kerusakan dan menimbulkan berbagai macam penyakit, salah satunya yaitu kanker.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here