MITOS ATAU FAKTA MAKAN TERLALU CEPAT TIDAK BAIK UNTUK PENCERNAAN

0
530

oba perhatikan, berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk makan? Biasanya waktu makan bukan dianggap sebagai hal yang penting.

Padahal jika merunut dari beberapa hal yang sering kita dengar, yaitu saat makan dianjurkan untuk mengunyah makanan hingga lembut/25-30 kali mengunyah, maka orang dewasa Indonesia membutuhkan waktu untuk makan paling tidak 10-15 menit.

Mengonsumsi makanan di bawah waktu itu, memang lebih cepat dan membuat waktu kita menjadi lebih efektif untuk digunakan mengerjakan hak lain.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa mengonsumsi makanan terlalu cepat bisa memberikan dampak negatif untuk tubuh?

Mengonsumsi makanan cepat-cepat tentu membuat kita jadi rentan tersedak karena sistem dan organ tubuh belum mampu mengolah makanan dengan sempurna namun makanan terus dikonsumsi dengan terburu-buru.

Tersedak merupakan kondisi yang cukup berbahaya, karena jika tidak segera mendapat penanganan yang tepat tubuh bisa mengalami gangguan pernafasan.

Mengonsumsi makanan terlalu cepat akan menyebabkan metabolisme menjadi lebih berat, mengapa? Makanan yang tidak dikunyah atau dikonsumsi hingga lembut akan membuat lambung dan usus bekerja lebih keras.

Hal ini tentu membuat metabolisme tubuh menjadi berat dan zat gizi yang diserap dalam tubuh menjadi lebih lama.

Dalam jangka panjang, hal ini akan sangat berpengaruh pada fungsi kerja sistem dan organ tubuh. Gangguan fungsi lambung, misalnya lambung menjadi sering mengalami peningkatan asam lambung atau usus mengalami gangguan fungsi usus.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here