MITOS ATAU FAKTA MAKAN KEKENYANGAN BIKIN NGANTUK ?

0
320

Setiap makanan yang kita makan akan diubah oleh tubuh menjadi energi agar bisa terus beraktivitas. Akan tetapi, banyak orang yang justru merasa ngantuk setelah makan kekenyangan. Kenapa bisa begitu?

Pada umumnya begitu makanan sampai ke lambung, sistem pencernaan akan menyerap zat gizinya untuk kemudian dibagi-bagikan ke bagian tubuh yang membutuhkan. Sebagian besar zat ini akan diubah menjadi energi yang dipakai oleh otot sekujur tubuh untuk terus bergerak. Sementara sisanya akan membantu tubuh memproduksi dan mengatur berbagai hormon, seperti kolesistokinin dan glukagon yang memicu rasa kenyang sekaligus menaikkan gula darah, serta serotonin dan melatonin yang merangsang rasa kantuk.

Dalam kamus populer, sensasi ngantuk setelah makan disebut dengan istilah food coma. Dalam istilah medis, kondisi ini disebut postprandial somnolen. Respon tubuh ini sangat wajar dan terjadi pada hampir setiap manusia. Apalagi jika baru saja makan kekenyangan. Meski demikian, rasa ngantuk dan kecapekan setelah makan juga bisa diakibatkan oleh masalah kesehatan tertentu, seperti diabetes dan penyakit celiac.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here