MITOS ATAU FAKTA BERMAIN BASKET BISA MEMBUAT TAMBAH TINGGI?

0
328

Banyak orang yang mengatakan kalau main basket bisa membuat kita bertambah tinggi. Itu karena gerakan melompat saat bermain basket dipercaya bisa meregangkan tulang. Baik itu tulang kaki maupun tulang belakang akan meregang sehingga tulang bertambah panjang.

Akibatnya tubuh kita akan bertambah tinggi. Melompat juga bisa meningkatkan aliran darah ke kaki dan tulang belakang.Para peneliti memang menyetujui hal ini, tapi bukan berarti kita langsung bertambah tinggi setelah main basket, teman-teman. Itu karena tinggi badan kita dipengaruhi tidak hanya dari basket saja, tapi juga oleh beberapa alasan.

 

Olahraga memang merupakan salah satu cara supaya tinggi badan kita bertambah. Apalagi kalau kita berolahraga rutin saat pertumbuhan badan kita belum berhenti. Selain basket, olahraga yang bisa kita lakukan adalah berenang, bulu tangkis, dan lain-lain.

Tidur juga bisa jadi salah satu cara untuk menambah tinggi badan kita. Saat kita tidur, tubuh menghasilkan hormon pertumbuhan. Maka itu, anak-anak seperti kita harus tidur lebih banyak daripada orang dewasa.

 

Selain itu, kita juga harus seimbangkan aktivitas dengan makan makanan bergizi.Perbanyak minum susu atau minuman dan makanan lain yang mengandung kalsium, fosfor, dan magnesium.

Nah, faktor yang tak kalah penting dalam pertumbuhan tulang kita adalah faktor genetik. Kalau orangtua kita memang memiliki tubuh yang tinggi, kemungkinan besar kita juga akan tumbuh tinggi. Namun, kalau orangtua kita memiliki tubuh yang kecil, kita mungkin akan memiliki tubuh yang kecil juga walaupun kita rutin main basket atau olahraga lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here