TIPS MENGHILANGKAN BRUNTUSAN DI BADAN

0
326

1. Kompres Dingin

Bruntusan mengakibatkan tubuhmu jadi gatal, ketimbang menggaruknya, sebenarnya ada cara menghilangkan gatal di badan yang lebih efektif tanpa meninggalkan bekas luka pada tubuhmu. Bruntusan muncul karena lapisan tubuhmu kering dan berkeringat, karena itu kamu harus menjaganya agar kembali fresh.

Kamu dapat mencoba langkah ini! Letakkan kompres dingin, kain basah, atau kantong plastik berisi es di atasnya selama 5-10 menit, atau hingga sensasi gatalnya hilang. Mandi menggunakan air dingin juga dapat membantu. Yang penting, hindarkan area tersebut dari suhu/ air panas agar tak menimbulkan iritasi.

2. Pelembab Berkualitas Tinggi

Seperti disebutkan di awal tadi, salah satu penyebab gatal adalah karena kulit berada dalam kondisi kering. Untuk itu, belilah produk pelembab berkualitas tinggi yang bebas dari zat pewangi /no fragrance jika kulit sangat mudah kering.

Pelembab yang bagus mampu menahan air pada lapisan terluar kulit sehingga membuatnya tetap terhidrasi dan tidak gatal. Contoh pelembab berkualitas tinggi adalah Cetaphil dan Eucerin. Kamu dapat mencarinya di pusat perbelanjaan terdekat

 

3. Gunakan Krim Penyejuk

Tentunya kalian sudah tak asing dong dengan barang yang satu ini. Gel penyejuk seperti salep tak boleh sampai terlewatkan. Gel atau salep memang terbukti ampuh menghilangkan gatal di badan sekaligus menyejukkannya, terutama apabila itu disebabkan oleh gigitan nyamuk atau luka bakar.

Selain lidah buaya, kalian juga dapat memakai produk yang mengandung cooling menthol atau calamine. Untuk memaksimalkan efekmenyejukkan, simpanlah produk ini dalam lemari es.

4. Berhenti Menggaruk

Cara satu ini mungkin sangat mudah dikatakan, tapi sulit saat dilakukan. Bagaimanapun juga menggaruk sudah biasa kita lakukan karena itu respon tubuh kita sendiri ketika timbul rasa gatal. Akan tetapi respon ini tak bisa memecahkan masalah sebenarnya dan justru menambah masalah pada tubuh.

Menggaruk dapat merusak kulit dan menyebabkan infeksi. Karenanya kapanpun tubuh terasa gatal, jangan pernah menggaruknya. Untuk membantu meredakan sensasi gatal, pakar kulit menyarankan beberapa tips berikut:

  • Selalu pakai produk sabun, lotion, deterjen, atau apapun yang bebas pewangi untuk meminimalisir iritasi
  • Potong kuku rutin agar tetap pendek sehingga kulit tak terluka ketika kalian lalai dan malah menggaruknya
  • Kenakan baju yang nyaman, pilih bahan yang tidak terlalu ketat sehingga menyulitkan kamu untuk bergerak dengan bebas.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here