MITOS ATAU FAKTA JANTUNG BERHENTI BERDETAK SAAT BERSIN

1
488

Pada dasarnya, ketika bagian dalam hidung teriritasi, Anda akan secara refleks menutup mata, menarik napas dalam-dalam, dan otot-otot dada memaksa udara keluar dari paru-paru dengan kecepatan tinggi, meniup melalui hidung dan membersihkan apa pun yang menurut tubuh tidak seharusnya ada di sana.

mitos kalau jantung berhenti berdetak saat bersin, sebetulnya ada benarnya. Posisi jantung sangat dekat dengan paru-paru. Saat seseorang mengambil napas dalam-dalam, yang dilakukan tepat sebelum bersin, dapat mengaktifkan saraf panjang yang disebut saraf vagus atau saraf yang menjulur dari otak ke bagian usus besar, kata Bleier.

Salah satu fungsi saraf vagus adalah mengirimkan sinyal ke jantung untuk memperlambat kerja. Itu sebabnya mengambil napas dalam-dalam dapat membantu memperlambat detak jantung dan bahkan bisa menenangkan saat seseorang sedang stres.

Tetapi, bahkan jika jantung berdetak kencang atau melambat sesaat, itu bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Tekanan dalam paru-paru akan meningkat lalu menutup mata dan terjadilah bersin. Adanya perubahan tekanan ini membuat irama detak jantung menjadi berubah sehingga beberapa orang menganggap jantungnya berhenti saat bersin.

Saat bersih beberapa bagian tubuh akan terlibat seperti otot di wajah, tenggorokan, dada dan perut. Hal ini memungkinkan bagi laki-laki yang masih muda untuk bersin lebih kuat daripada orang yang tua atau perempuan karena memiliki kerangka tubuh yang lebih kecil.

Berikut ini beberapa fakta menarik lainnya mengenai bersin yaitu:

  1. Bersin adalah refleks otomatis yang tidak bisa dihentikan ketika sudah mulai bersin
  2. Orang tidak akan bisa bersin saat sedang tidur karena saraf yang terlibat dalam kegiatan refleks juga beristirahat
  3. Sekitar 18-35 persen orang mengalami bersin saat terkena cahaya terang secara tiba-tiba
  4. Saat bersin, lendir atau benda-benda asing yang ada di mulut dan hidung akan keluar dengan kecepatan 100 mil per jam dan mengeluarkan 100.000 kuman ke udara

Donna Griffiths dari Worcestershire, Inggris memegang serangan bersin terpanjang yaitu selama 978 hari antara Januari 1981 sampai September 1983. Awalnya ia bersin setiap menit lalu ia mengalami bersin setiap 5 menit.

1 COMMENT

  1. Hi. I have checked your channel-e.id and i see you’ve got some duplicate content so probably it is
    the reason that you don’t rank hi in google. But you can fix this issue fast.

    There is a tool that generates articles like human,
    just search in google: miftolo’s tools

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here