MITOS ATAU FAKTA GUGUP BISA MENYEBABKAN KITA LUPA

0
531

Saat gugup, jantung juga akan berdetak lebih cepat yang membuat darah yang membawa oksigen akan dengan cepat diarahkan kembali ke otot-otot jantung.

Hal ini menyebabkan pernapasan kita menjadi lebih pendek tapi frekuensinya meningkat, teman-teman. Hasil dari reaksi ini membuat otak kita menjadi kekurangan pasokan oksigen yang dibutuhkan dan memengaruhi kerja otak.

 

Sel-sel otak dalam tubuh memiliki nukleus atau inti sel yang bisa bekerja dengan baik saat jumlah oksigennya mencukupi, misalnya untuk mengendalikan aktivitas sel seperti mengingat sesuatu.

Selain karena kekurangan oksigen, gugup juga membuat kita lupa hal-hal yang penting karena otak kita lebih fokus pada ancaman yang dianggap sedang dihadapi oleh tubuh. Otak akan memikirkan berbagai cara untuk menghadapi atau lari dari ancaman yang mengganggu tubuh.

Akibatnya, berbagai hal yang sudah kita ingat, misalnya lirik lagu, gerakan yang akan dilakukan saat menari, atau materi yang sudah dipelajari untuk menghadapi ujian akan tertutupi oleh cara untuk menghadapi ancaman. Pikiran kita mungkin akan lebih fokus pada bagaimana agar rasa gugup tersebut hilang dari tubuh dan tidak mengganggu apa yang akan dilakukan

 

Saat gugup, kita bisa kehilangan memori atau menjadi lupa dikarenakan ingatan manusia ternyata sangat rapuh dan bisa hilang karena disebabkan oleh beberapa sebab utama, teman-teman.

Hormon kortisol atau hormon stres yang dilepaskan saat gugup merupakan penyebab utama lainnya yang membuat kita menjadi lupa saat gugup.

Meningkatnya hormon kortisol saat sedang gugup membuat otak menciptakan memori baru dalam situasi stres, seperti bagaimana wajah orang-orang yang menonton kita saat sedang berada di atas panggung. Nah, hal tersebut akan mengaburkan atau menutup memori lama yang sudah kita siapkan, teman-teman.

Namun saat hormon stres berkurang, maka fungsi otak akan kembali seperti semula dan membuat kita bisa mengingat apa yang sudah dipersiapkan.Ketika banyak pikiran yang mengalir di otak, tentu akan sangat sulit untuk fokus pada hal-hal yang seharusnya kita ingat, teman-teman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here