MITOS ATAU FAKTA MENYAPU DI MALAM HARI BIKIN SERET REJEKI

0
584

Nah, nggak bisa dipungkiri memang ya kalau mitos ini lengket banget dengan adat dan budaya di Indonesia. Dari kecil sampai dewasa, kita sudah terbiasa dijejali dengan berbagai mitos ini dan itu. Padahal, seringkali kita nggak yakin juga kalau itu benar atau nggak sama sekali.

Salah satu mitos klasik yang paling populer adalah larangan untuk menyapu di malam hari. Menurut orang tua dan masyarakat, menyapu di malam hari atau saat langit sudah gelap dapat mengakibatkan rezeki seret alias kesulitan rezeki.

Dalam mitos ini, siapa pun yang melanggar larangan ini bisa mendapatkan kesialan atau mengundang nasib buruk, khususnya dalam hal rezeki. Selain itu, ada juga kalangan orang tua yang berpendapat bahwa menyapu di malam hari sama artinya dengan kita membuang rejeki yang sudah kita terima.
Dari pendapat yang menggambarkan menyapu di malam hari sama artinya dengan membuang rezeki, dapat digambarkan dalam aktifitas menyapu dimana kotoran yang akan disapukan atau dibuang itu adalah seperti rejeki yang sudah kita dapatkan selama seharian.

 

Berbagai mitos yang sering kita dengar, termasuk menyapu di malam hari ini memang sudah ada sejak berates- ratus tahun dahulu. Sayangnya, sampai saat ini tidak ada sumber yang pasti terkait mitos- mitos yang ada. Bisa jadi, mitos ini adalah salah satu cara nenek moyang kita untuk melindungi kita dari bahaya. Hanya saja, untuk membuat kita memahami waktu itu, alasan membuat seret rezeki atau mendatangkan nasib buruk memang paling banyak digunakan.
Seiring dengan perkembangan pengetahuan, kita kini dapat memahami berbagai macam bahaya itu dengan pemikiran yang logis. Jadi, meskipun mitos ini bisa jadi tidak benar sama sekali, tidak ada salahnya kita menghindari menyapu di malam hari. Karena secara logika, aktifitas ini memang tidak baik dilakukan di malam hari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here