MITOS ATAU FAKTA MEMAKAI HEADSET SAAT TIDUR BISA MEMBUAT SAKIT TELINGA

0
508

Meski kebiasaan ini terlihat sepele, tahukah Anda bahwa penggunaan earphone yang tidak tepat dapat menyebabkan beragam gangguan kesehatan, salah satunya infeksi telinga?

Mereka yang rutin menggunakan earphone saat tidur lebih rentan mengalami nyeri telinga. Penggunaan earphone yang tidak tepat dan berlangsung lama dapat menyebabkan telinga berdenging dan rasa tidak nyaman pada telinga.

Tidak hanya itu, kebiasaan buruk lainnya saat menggunakan earphone adalah menggunakannya secara bergantian dengan orang lain. Hal ini justru membantu penyebaran bakteri dari satu telinga ke telinga lain, yang akhirnya bisa memperparah infeksi telinga.

Mendengar musik saat tidur apalagi dengan menggunakan earphone kadang membuat penggunanya tidak menyadari bahwa perilakunya ini bisa merusak sistem pendengaran. Di saat pengguna sedang tidur, suara yang didengar dalam volume tinggi dan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan kerusakan pada koklea telinga (rumah siput).

Koklea telinga adalah bagian dalam telinga yang berfungsi mengirim pesan ke saraf pendengaran dan otak. Ketika sering ditempa suara keras melalui earphone, hal tersebut bisa menyebabkan kerusakan saraf atau gangguan sensorineural yang tidak bisa diperbaiki alias permanen.

Untuk diketahui, suara yang aman untuk didengar oleh telinga adalah suara dibawah 85dB.  Sedangkan, sebagian besar earphone menghasilkan suara antara 95-108dB. Mendengarkan suara lebih dari 95dB dalam waktu lama dapat menyebabkan kerusakan saraf pada telinga yang berujung pada gangguan pendengaran.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here