5 MANFAAT BESAR TEMPE UNTUK KESEHATAN

0
358

Tempe adalah salah satu makanan tradisional khas Indonesia yang terbuat dari kacang kedelai yang sudah mengalami proses fermentasi. Selain terbuat dari kacang kedelai, tempe juga dapat dibuat dari jenis kacang lainnya, gandum, dan kacang kedelai yang telah dicampur dengan gandum. Tempe memiliki tekstur kering dan keras, namun tetap kenyal.

Tempe merupakan makanan pokok favorit bagi banyak orang, karena rasanya yang lezat, harganya yang murah meriah, serta juga memiliki banyak nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh agar tetap sehat.

Selain itu, tempe juga mengandung antioksidan, probiotik, dan isoflavon, yang ketiganya dapat mendukung kesehatan dengan lebih baik.

Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL)

Kandungan isoflavon yang ada pada tempe dan jenis kedelai lainnya, mampu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) secara signifikan. Selain itu, tempe juga mengandung niacin, nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh untuk mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL), dan meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

 

Menjaga kepadatan tulang

Tempe merupakan sumber kalsium dan mineral yang dapat membantu menjaga kepadatan tulang. Dengan tercukupinya kebutuhan kalsium, maka perkembangan osteoporosis dapat dicegah.

 

Menjaga kesehatan sistem pencernaan

Tak hanya mampu mengontrol kadar kolesterol jahat dan menjaga kepadatan tulang saja, namun ternyata tempe juga bisa lho menjaga kesehatan sistem pencernaan. Tempe dapat meningkatkan jumlah bakteri yang baik untuk kesehatan usus.

Selain itu, kandungan probiotik pada tempe dapat membantu memecah dan karbohidrat, sehingga akan lebih mudah dicerna, melawan diare, dan membantu pencernaan melawan peradangan yang kronis.

 

Membantu mengurangi gejala menopause

Kandungan isoflavon yang ada pada tempe, dapat membantu mengurangi gejala menopause, contohnya seperti mengontrol kadar kolesterol jahat (LDL). Wanita yang telah mengalami menopause rentan memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi, yang nantinya bisa memicu stroke dan juga penyakit jantung.

Selain mengontrol kadar kolesterol jahat, kandungan isoflavon pada tempe juga dapat membantu mengurangi terjadinya hot flashes, yang merupakan salah satu gejala yang paling sering terjadi pada wanita yang telah mengalami menopause.

Hot flashes merupakan suatu kondisi dimana perasaan hangat menyebar ke seluruh area tubuh, yang biasanya ditandai dengan kemerahan pada kulit, dan keringat yang berlebihan.

 

Mengontrol kadar gula darah

Kandungan mangan yang ada pada tempe dapat menjaga agar kadar gula tetap normal, dan melawan diabetes. Kandungan mangan pada tempe diperlukan untuk memproduksi enzim pencernaan yang bertanggung jawab untuk glukoneogenesis, yang merupakan suatu proses untuk mempertahankan agar kadar gula darah tetap normal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here