MITOS ATAU FAKTA JUS BIKIN SEHAT

0
348

Jus buah segar telah menjadi makanan utama dalam banyak pola makan – terutama bagi konsumen yang sibuk dan sangat peduli kesehatan. Mereka dapat menghemat waktu untuk membuat (dan mungkin juga mengunyah) makanan tanpa kehilangan nutrisi.

Jus buah juga telah dikaitkan dengan klaim bahwa minuman tersebut dapat membantu Anda menurunkan berat badan dan ‘mendetoksifikasi’ sistem pencernaan Anda.

 

Fruktosa gula yang secara alami ditemukan dalam semua buah-buahan dan jus buah. Zat ini tampaknya tidak memiliki efek berbahaya selama tidak berkontribusi pada kelebihan kalori harian.

Hal ini disebabkan karena serat yang ditemukan pada buah masih utuh, dan gula terdapat di dalam sel-sel buah. Sistem pencernaan kita membutuhkan waktu untuk memecah sel-sel itu, agar fruktosa dalam memasuki aliran darah.

Tetapi tidak demikian halnya dengan jus buah

 

Masalahnya adalah, dengan dihilangkannya serat, fruktosa dalam jus buah menjadi lebih cepat diserap.

Peningkatan gula darah secara mendadak dapat menyebabkan pankreas melepaskan insulin untuk menurunkannya ke tingkat yang normal.

Selang beberapa waktu, mekanisme ini dapat menjadi rusak, meningkatkan risiko diabetes tipe 2.

Pada 2013, para peneliti mengamati data kesehatan dari 100.000 orang yang dipilih antara 1986 dan 2009, dan menemukan bahwa konsumsi jus buah berkaitan dengan meningkatnya risiko diabetes tipe 2.

Mereka berkesimpulan bahwa – karena cairan itu melewati lambung menuju usus lebih cepat dari makanan padat – bahkan jika kandungan nutrisinya sama dengan buah utuh, jus buah menyebabkan perubahan dalam glukosa dan tingkat insulin.

Jadi meskipun jus buah masih lebih baik daripada tidak mengonsumsi buah sama sekali, masih saja ada batasnya.

Terutama karena risiko jika kita mengonsumsi lebih dari 150 ml gula per hari, atau ketika hal ini membuat kita mengonsumsi lebih dari asupan kalori yang direkomendasikan.

Memang mengandung vitamin – tetapi jus buah tidak dapat melakukan perbaikan secara cepat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here