MITOS ATAU FAKTA ANEMIA HANYA TERJADI PADA WANITA

0
302

Anemia adalah penyakit yang membuat pengidapnya mudah letih dan lelah. Penyakit ini terjadi saat tubuh kekurangan sel darah merah yang berperan dalam menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Jika dibiarkan tanpa penanganan, anemia bisa merusak organ tubuh lain seperti jantung dan otak dan menyebabkan komplikasi yang membahayakan nyawa.

 

Anemia bisa terjadi pada siapa saja, termasuk pria dan wanita. Namun, tak bisa dipungkiri jika kasus anemia lebih banyak terjadi pada wanita dibanding pria. Data Riset Kesehatan Dasar Indonesia tahun 2013 bahkan menyebut jumlah kasus anemia pada wanita (23,9 persen) lebih besar dibanding kasus anemia pada pria (18,9 persen). Fakta ini bisa dijelaskan secara ilmiah karena beberapa studi menyebut ada kondisi khusus yang membuat wanita rentan mengidap anemia. Di antaranya adalah kadar hemoglobin dan hematokrit lebih rendah, kebutuhan asupan zat gizi lebih tinggi, serta fase hidup wanita yang membuatnya kehilangan banyak darah (seperti haid, persalinan dan masa nifas).

 

Tingkat keparahan anemia beragam, mulai dari tingkat ringan hingga berat. Anemia ringan lebih mudah diobati dibanding anemia berat, sehingga kamu perlu segera bicara pada dokter jika mengalami gejala anemia seperti sesak napas, sakit kepala, kulit pucat, nyeri dada dan mudah lelah. Pengobatan anemia nantinya tergantung pada penyebab dan tingkat keparahan anemia yang dialami.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here