MITOS ATAU FAKTA DILARANG KELUAR RUMAH KETIKA SENJA

0
404

Sering kita mendengar larangan dari orangtua agar tidak keluar rumah pada saat maghrib. Ternyata larangan tersebut bukan hanya mitos saja. Dulu kita sering ditakut-takuti hal yang sangat menyeramkan agar tidak keluar saat magrib. Namun sebenarnya ada penjelasan ilmiah terkait hal tersebut. Orang dulu beranggapan jika keluar rumah pada saat senja hari bisa hilang dibawa makhluk halus. Sebagian masyarakat di daerah pedesaan pun masih mepercayai mitos ini.

Namun jika kita lihat dari sisi rasionalitas, ada baiknya jika kita tidak keluar rumah pada saat senja hari. Karena, bisa saja pada zaman dulu rumah masih sangat jarang-jarang, tidak ada penerangan jalan raya karena belum ada PLN. Larangan ini bisa saja dimaksudkan agar kita terhindar dari bahaya misal digigit ular atau binatang lainnya. Kalau kita lihat dari sudut pandang secara logis, tentunya juga tidak baik kita keluar rumah ketika menjelang maghrib. Apalagi anak-anak keluar bermain diwaktu Surup.

Karena memang keluar saat maghrib tidaklah pantas, saat maghrib adalah saat dimana matahari mulai terbenam, dan hari mulai gelap. Bila memang keluar untuk tujuan main memang tidaklah bermanfaat, karena waktu main itu baiknya sore hari. Nah waktu maghrib digunakan untuk mengakhiri aktivitas hari. sehingga orang-orang berbondong-bondong masuk kedalam rumah, mempersiapkan diri untuk beribadah, dan beristirahat hingga malam hari.

Kecuali untuk orang-orang yang memang sedang bekerja, sedang dalam perjalanan pulang, atau perjalanan jauh. Namun pada umumnya, secara logis waktu maghrib adalah waktu dimulainya orang istirahat dan mengakhiri aktivitas harian Anda serta persiapan untuk ibadah sholat bagi umat muslim. Jadi memang tidak sepantasnya keluar saat maghrib, apalagi untuk bermain. Dan akan mendapatkan kesialan apabila dilarang, seperti sakit, terjatuh ketika main karena hari mulai gelap, dan lain-lain.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here