5 PENEMUAN MESIR KUNO YANG MASIH BERMANFAAT HINGGA SEKARANG

0
451

1. Papirus (Papyrus)

Papirus atau papyrus merupakan bahan untuk pembuatan kertas yang digunakan pada jaman modern. Istilah Papyrus sendiri berasal dari jenis tanaman air yang hidup di sepanjang Sungai Nil yaitu, Papyrus Cypercus. Kualitas kertas ini memiliki daya tahan yang sangat tinggi karena ternyata masih utuh saat ditemukan setelah 5000 tahun.

 

2. Tinta Hitam


Tinta hitam pertama kali ditemukan oleh Bangsa Mesir Kuno. Pada saat itu, masyarakat Mesir melakukan penulisan dengan memanfaatkan tinta hitam yang dibuat dengan cara mencampurkan jelaga bekas pembakaran dengan sayuran dan lilin lebah. Namun masyarakat Mesir Kuno mulai mencoba mengganti jelaga dengan bahan organik yaitu bahan oker untuk mendapatkan warna tinta berwarna merah.

 

3. Jam Matahari

Masyarakat Mesir kuno telah menemukan jam. Salah satunya yaitu jam matahari, yang dibuat dengan bentuk obelisk (tiang) yang dipasang di atas tanah. Mereka lantas mengamati pergerakan dari bayangan tiang itu dan kemudian membaginya menjadi beberapa zona waktu. Kelemahan dari jam matahari yaitu hanya dapat digunakan pada siang hari saja dan tidak bisa digunakan pada malam hari.

 

4. Kalender Matahari

Bangsa Mesir Kuno ternyata sudah mengetahui sistem astronomi. Masyarakat Mesir kuno adalah bangsa yang pertama menggunakan kalender matahari dalam menghitung waktu. Saat itu Bangsa mesir Kuno telah membagi tahun dalam dua belas bulan yang masing-masing dibuat sepanjang 30 hari dan ditambah 5 hari ekstra pada akhir tahun. Seiring waktu, mereka menyempurnakan kalender mataharinya dengan menambah satu hari pada tahun kabisat (setiap empat tahun) sejak 238 SM.

 

5. Pasta Gigi dan Sikat Gigi

Tidak seperti zaman sekarang dimana gigi bisa rusak karena banyak mengkonsumsi produk menggandung gula, masyarakat Mesir Kuno seringkali mengalami penyakit gigi karena pasir dan kerikil yang tertinggal di makanan mereka akibat penggilingan tepung yang menggunakan bebatuan. Karena saat itu belum ada dokter gigi, Bangsa Mesir harus menciptakan alat bantu untuk membersihkan gigi.

Untuk itu, Bangsa Mesir Kuno menciptakan sikat gigi dari ranting kayu. Mereka juga menciptakan pasta gigi yang terbuat dari tepung kuku lembu, abu, kulit telur dll.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here