MITOS ATAU FAKTA BERSIUL DI MALAM HARI BISA MEMBUAT ANDA DIDATANGI SETAN?

0
226

Ada banyak mitos menyeramkan yang berkembang di tengah masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah larangan bersiul di malam hari karena dipercaya dapat memanggil makhluk halus. Apalagi jika bersiul dengan gaya menirukan suara burung.

Berdasarkan kepercayaan masyarakat Jawa, suara siulan tersebut dapat memanggil kemamang, salah satu jenis makhluk halus. Jika tiba-tiba Anda mendengar suara balasan, itu menandakan bahwa ada makhluk halus yang merasa terganggu, sekaligus bisa menjadi pertanda buruk.

Namun, ada juga yang mengatakan bahwa larangan bersiul di malam hari dibuat agar tidak mengganggu tetangga yang sedang beristirahat. Apalagi pada zaman dahulu, suasana desa cenderung sepi ketika malam sudah menjemput.

Selain itu, suara siulan juga sering digunakan oleh para pasukan pengintai untuk memberikan kode. Apabila seseorang bersiul sembarangan di malam hari, hal tersebut dikhawatirkan dapat menggangu kode yang diberikan oleh para pasukan pengintai. Tak heran jika kemudian muncul larangan bersiul masih terbawa hingga saat ini.

Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa bersiul merupakan salah satu kegiatan yang sangat menyenangkan.Terutama ketika Anda sedang mendengarkan lantunan lagu, lalu mengikuti iramanya dengan suara siulan. Rasanya sungguh membuat hati gembira.

Faktanya adalah tidak ada hubungan atara siulan dan setan. Yang ada, jika kita bersiul di malam hari, bukan setan yang akan datang, melainkan tetangga yang marah akibat istirahatnya terganggu saat mendengar siulan kita.

Mitos ini ada benarnya juga sih, kalaupun tidak mendatangkan setan, bisa aja mendatangkan kemarahan dari orang lain bukan? Lagipula, bersiul kok malam-malam, mendingan nonton televisi saja.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here