RUNDOWN KEBIASAAN BAIK SETIAP HARI YANG HARUS KAMU KETAHUI

0
214

1. DELAPAN JAM TIDUR

Saat tertidur, sistem kekebalan tubuh akan mengeluarkan senyawa yang disebut sitokin. Senyawa ini memiliki pengaruh bagi perlindungan sistem kekebalan tubuhmu dengan membantu melawan peradangan dan juga infeksi. Tanpa tidur yang cukup, kamu tidak memiliki cukup sitokin untuk menghalangi tubuhmu dari penyakit. Tidur juga mempengaruhi daya ingatmu. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tidur setelah beraktivitas dapat membantu meningkatkan memori. Jika tidak cukup tidur, kamu akan cenderung mudah lupa terhadap hal-hal yang pernah dilewati sebelumnya.

 

2. MINUM DELAPAN GELAS PERHARI

Ketua Departemen Medical Physiology di Toulouse School of Medicine mengatakan “minum air putih paling sedikit 2 liter atau 8 gelas bagi orang dewasa. Ini dapat membantu mencegah penyakit batu ginjal, infeksi kandung kemih, membatasi perkembangan (progresi) dari penyakit ginjal akut.” Usahakan untuk minum air setelah bangun tidur karena itu metode hidup sehat yang telah terbukti untuk mengobati kelainan tubuh, gangguan menstruasi, dll. Usus kita membutuhkan air agar berfungsi dengan baik. Karena dehidrasi dapat menyebabkan masalah pencernaan ataupun sembelit

 

3. SATU JAM OLAHRAGA

Melakukan olahraga merupakan salah satu benefit untuk mendapatkan gizi seimbang. Dengan melakukan olahraga setiap hari, itu membantu tubuhmu untuk menciptakan keseimbangan antara energi yang didapat dengan energi yang dikeluarkan oleh tubuh. Untuk itu, setiap orang disarankan untuk melakukan olahraga setiap hari. Tidak perlu yang susah, olahraga bisa dilakukan dengan berjalan, senam, jogging, bersepeda, dll.

 

4. TIGA KALI MAKAN MAKANAN SEHAT DALAM SEHARI

tiga kali sehari berfungsi menjaga insulin dan kadar gula dalam darahmu. Selain itu, makan tepat waktu sebanyak tiga kali sehari juga dapat mengajarkanmu untuk dapat mengontrol rasa lapar dengan lebih baik, yang juga dapat memicu kontrol mental yang lebih baik pula.

 

5. TIDAK MENGGUNAKAN HANDPHONE SAAT INGIN TIDUR

Paparan cahaya layar smartphone dan tablet pada malam hari ternyata berdampak buruk pada otak dan tubuh manusia. Menurut studi dari Harvard Health Publications, tubuh manusia memiliki siklus natural untuk tetap terjaga pada siang hari dan terlelap pada malam hari. Tapi, ketika dipapar cahaya layar smartphone di malam hari, siklus itu perlahan akan rusak. Pasalnya, paparan cahaya itu membuat otak kebingungan apakah ini waktunya tidur atau terbangun. Alhasil, otak akan berhenti memproduksi melatonin, yakni hormon yang merangsang tubuh untuk tidur. Jika produksi melatonin terganggu, siklus tidur akan terganggu sama seperti ketika mengalami penat terbang alias jet lag.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here