MITOS ATAU FAKTA MAKAN SEDIKIT BISA MENURUNKAN BERAT BADAN

0
237

Penelitian yang dilakukan beberapa universitas di California dan Meksiko mengungkapkan bahwa seseorang yang makan berkali-kali dengan porsi kecil mengandung glukosa, insulin, dan kolesterol yang lebih sehat. Namun, mengonsumsi makanan berkali-kali dengan porsi kecil belum tentu mengurangi jumlah kalori terbakar dalam tubuh.

Hal ini menjadi kebiasaan pola makan setiap orang. Ada yang punya kebiasaan makan dengan porsi sangat sedikit, tapi berkali-kali, ada pula makan tiga kali sehari dalam porsi normal atau besar.

Makan dengan porsi sedikit juga memicu rasa lapar yang berlebihan. Menurut Dr. James J. Lee, M.D, seorang dokter gastroenterologis asal California, Amerika Serikat, mengungkapkan “zat kimia yang mengontrol nafsu makan termasuk leptin dan ghrelin akan meningkat saat kamu menerapkan pola makan ketat kalori.” Artinya, yang membuat kamu tetap merasakan lapar saat kamu sudah mengurangi porsi makan kamu. Rasa lapar akan terus meningkat saat kamu mengonsumsi makan dengan porsi kurang dari yang biasa kamu makan. Hal ini yang memicu konsumsi makan berlebihan dan akhirnya berat badan kamu akan terus meningkat.

Makan dengan porsi sedikit juga dapat mempengaruhi sistem kerja tubuh. Saat sistem kerja tubuh kamu lambat, maka metabolisme juga akan menjadi lambat. Saat itu, tubuh akan sulit untuk memproses makanan menjadi energi, akibatnya tubuh akan menyimpan lapisan lemak lebih banyak dan tidak menutup kemungkinan berat badan kamu malah akan bertambah.

 

Jadi, jangan makan terlalu sedikit ya guys nanti bisa sakit lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here