TIPS UNTUK MENINGKATKAN SOCIAL SKILL BAGI KALIAN YANG MERASA KURANG PERCAYA DIRI!

0
252

1. Tingkatkan Kemampuan dalam Berkomunikasi

Kemampuan dalam berkomunikasi menjadi yang pertama dan paling utama. Artinya kemampuan ini harus ada karena saking pentingnya. Komunikasi yang baik tentu akan sangat berpengaruh saat kita sedang membicarakan suatu hal. Sebab kurangnya komunikasi hanya akan menimbulkan missed understanding yang berujung pada kekacauan.

 

2. Jalin Hubungan yang Baik Antar Sesama

Membangun hubungan yang baik bisa dengan cara memberikan dukungan kepada orang lain dengan sepenuh hati. Secara aktif mencari teman atau bahkan menjadi rival yang sehat. Lihat bahwa interaksi atau hubungan pertemanan ini sebagai sebuah tujuan untuk meningkatkan kemampuan sosial, sehingga kamu bisa dipandang sebagai pribadi yang baik dan menyenangkan. Melalui komunikasi manusia dapat mengetahui suatu kejadian atau peristiwa. Bahkan melalui komunikasi manusia dapat mengembangkan pengetahuannya, yakni belajar dari pengalamannya, maupun melalui informasi yang mereka terima dari lingkungan sekitarnya.

 

3. Jadilah Apresiatif

Carilah hal yang positif dan bagikanlah kepada rekanmu. Jadilah murah hati dengan pujian dan kata-kata yang mengobarkan semangat. Ucapkan terima kasih ketika seseorang telah menolongmu. Sebab jika kamu membuat orang lain mengetahui bahwa mereka dihargai, maka mereka pun akan memberikan yang terbaik untukmu.

 

4. Membangun Motivasi Diri

Membangun motivasi menjadi pedoman untuk memiliki social skill. Kamu harus mengetahui potensi yang dimiliki. Hal ini penting sekali karena akan membantumu untuk menemukan kelebihan sehingga timbul motivasi dan semangat dalam diri. Setelah menemukan kelebihan atau potensi yang ada, kamu tinggal mengembangkannya.

Motivasi diri inilah yang nantinya akan membuat kamu semakin tumbuh dan berkembang sehingga dapat memotivasi orang lain. Setelah dapat memotivasi dirimu sendiri, maka kamu juga dapat dengan memotivasi orang lain. Karena itu, jadilah pribadi yang dapat berinteraksi lebih baik dan bermanfaat bagi orang lain. Fighting!

Selamat mencoba.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here