TIPS DIET SEHAT UNTUK PENDERITA MAAG

0
345

1. Pilih Makanan yang Tepat

Bagi kamu yang punya penyakit maag tapi ingin diet, kamu harus pintar memilih jenis makanan yang aman untuk asam lambung sekaligus tidak membuat berat badan naik. Kamu juga harus memperhatikan asupan kabohidrat yang kamu konsumsi. Gantilah asupan kabohidrat yang kamu makan dengan buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian. Pilihlan sumber kabohidrat kompleks dengan kandungan serat yang tinggi, seperti nasi merah dan roti gandum.

Makanan ini dapat membantu mengendalikan berat badan kamu sekaligus meringankan gejala maag yang mengganggu.

 

2. Atur Porsi Makan

Bila kamu terbiasa makan 3 kali sehari dalam porsi banyak, sebaiknya bagi ke dalam 5-6 porsi kecil.

Makan dalam jumlah kecil dengan jenis makanan yang tepat dapat membantu mengendalikan berat badan. Bahkan, hal ini juga bisa mengurangi gejala asam lambung yang sering kambuh.

 

3. Olahraga Rutin

Menurut sebuah studi yang terdapat dalam jurnal Obesity tahun 2013, berat badan yang normal dapat membantu meredakan gejala asam lambung cukup drastis. Salah satu cara paling mudah dan efektif yang bisa kamu lakukan adalah olahraga.

Beberapa jenis olahraga, khususnya olahraga intensitas tinggi, ternyata dapat menurunkan aliran darah ke sistem pencernaan. Bukannya bikin sehat, gejala asam lambung malah jadi sering kambuh.

Mulailah dengan olahraga yang ringan seperti berjalan, jogging, yoga, atau berenang. Lakukan setidaknya selama 30 menit minimal 3 kali seminggu. Setelah itu, perhatikan reaksi tubuh kamu. Jika gejala maag tidak kambuh, maka kamu baru boleh mencoba jenis olahraga lainnya yang lebih berat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here