MITOS ATAU FAKTA KUTU DAPAT MENULAR

0
296

Seseorang yang di rambutnya terdapat kutu rambut atau Pediculus humanus capitis pastilah merasa tidak nyaman. Selain menggangu karena menyebabkan gatal, serangga parasit ini pun senang mengisap darah. Kutu rambut menyerang kulit kepala yang kotor dan tidak terawat. Kutu akan mati setelah 30 hari menempel di kulit kepala.  Kutu dewasa bertelur sebelum mati. Karena telur kutu sama sekali tidak menular, hanya kutu dewasa yang bisa.

 

Setelah menempel di rambut, kutu akan mulai bertelur. Biasanya, telur kutu lebih sering ditemukan menempel di batang rambut yang dekat dengan kulit kepala.

 

Penularan kutu rambut secara langsung terjadi karena adanya sentuhan antar kepala dengan orang yang sebelumnya sudah memiliki kutu. Setelah mengalami penularan secara langsung, kemudian kutu akan merayap dan berpindah tempat ke rambut yang sebelumnya tidak dihinggapi kutu.

 

Kutu rambut juga bisa menular sekalipun tidak melalui kontak langsung dengan “pemiliknya”. Penularan tanpa kontak langsung terjadi melalui perantara atau penggunaan barang yang sudah terkontaminasi kutu secara bersama. Misalnya, saat kamu meminjam sisir dari orang yang memiliki kutu rambut, maka risiko untuk tertular akan menjadi lebih tinggi.

 

Sebab, bisa jadi sisir atau barang-barang pribadi tersebut sudah terkontaminasi kutu atau telur kutu. Jika dipakai bersama-sama, penularan kutu akan semakin mudah terjadi dan menginfeksi kulit kepala.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here