TIPS BERPUASA UNTUK IBU MENYUSUI

0
265

1. Harus tetap makan tiga kali sehari dengan gizi Seimbang

Selama berpuasa, bagi ibu yang menyusi harus tetap makan tiga kali sehari, dimulai dari buka puasa hingga sahur. Pilih menu yang bergizi dan perbanyak sayur yang kaya akan serat. Dan usahakan komposisi nutrisi terdiri dari 20% lemak, 30% protein, dan 50% karbohidrat.

2. Perbanyak konsumsi cairan tubuh bila ibu menyusui puasa

Asupan air putih dari mulai berbuka puasa hingga sahur harus minimal 2 liter. Bunda juga bisa menambahkan konsumsi cairan lain seperti jus buah, madu, ataupun susu.

3. Cukup Istirahat

Saat berpuasa, ibu yang sedang menyusui harus istirahat cukup dan tetap rileks. Bila bunda merasa lemas saat berpuasa, cobalah untuk istirahat sejenak.

4. Jangan memaksakan puasa bila tidak sanggup

Bunda adalah orang yang paling memahami kondisi tubuhnya maupun sang bayi. Bila merasa tak sanggup menjalankan ibadah puasa, jangan memaksakan diri.

Bagaimanapun, puasa bagi ibu menyusui dapat digantikan dengan zakat fidyah maupun puasa di hari-hari lainnya.

Ingat, karena kondisi setiap ibu dan bayi berbeda, sebaiknya sang bunda berkonsultasi dulu dengan dokter. Bila kondisi memungkinkan, dokter pasti akan memperbolehkan bunda untuk tetap berpuasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here