MANFAAT BUAH ASEM

0
273

1. Mengobati eksim

Eksim merupakan salah satu penyakit kulit dimana terjadi gangguan pada jaringan kulit sehingga muncul ruam dan juga nanah di permukaan kulit. Penyakit ini lebih sering menyerang anak-anak karena kurang akan kesadaran mengenai kebersihan. Untuk membuat obat herbal dari asam jawa untuk obat eksim ini sangat mudah. Anda hanya perlu menyiapkan segenggam buah asam dan juga temulawak serta gula jawa. Ketiga bahan ini ditumbuk dan kemudian direbus. Setelah matang maka saring dan minum airnya secara rutin dua kali sehari. Jika ingin pengobatan dari luar, maka anda hanya perlu menyiapkan daun asam dengan kunyit lalu tumbuk dan oleskan tumbukan tersebut pada bagian eksim.

2. Mengobati difteri

Penyakit difteri adalah sejenis penyakit yang menyerang bagian saluran pernafasan yang mengakibatkan sakit tenggorokan, susah menelan, keluar lendir dari tenggorokan, demam dan juga tubuh lemas. Penyakit ini tentunya bisa menganggu anda dalam melakukan aktivitas bukan? Nah untuk mengobatinya anda bisa menggunakan asam jawa dengan cara merebus lobak, bawang merah, kencur, buah asam dan daun papaya secara bersamaan. Setelah matang gunakan air untuk berkumur sebanyak tiga kali sehari. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal

3. Mengobati ambeien

Ambeien merupakan penyakit yang disebabkan oleh terjadinya pembengkakan pembuluh darah di bagian anus sehingga pecah dan terjadilah infeksi di daerah tersebut. Biasanya orang akan memeriksakan dirinya ketika penyakit  ambeien yang diderita sudah parah. Nah untuk mengobatinya anda juga bisa menggunakan bantuan dari buah asam. Caranya dengan menyiapkan asam jawa, daun meniran, daun biji keeling dan temulawak. Setelah itu rebus bahan tersebut dan kemudian minum air rebusan yang telah disaring. Minumlah ramuan ini sebanyak tiga kali sehari untuk mendapatkan hasil yang optimal.

 

4. Menurunkan demam

Buah asam juga bisa digunakan untuk mengobati demam, ini terutama demam pada bayi. Biasanya orang sekarang jika bayinya demam maka akan memberikan obat antibiotic padahal ini tidak baik karena bisa membuat sistem kekebalan tubuh menjadi rendah. Sebagai gantinya anda bisa menggunakan buah asam. Caranya yaitu dengan menumbuk asam, daun bawang, kunyit dan daun melati muda. Tumbukan ini kemudian dibalurkan di dahi bayi hingga kering. Hal ini akan membuat demam lebih mudah turun.

 

5. Mengobati nyeri haid

Manfaat buah asam yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi bagi anda. Cara membuatnya pun sangat mudah yaitu dengan menumbuk buah asam dengan kunyit dan kemudian rebus hingga matang dan setelah itu saring airnya minum sampai habis secara teratur saat nyeri haid.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here