TIPS MENYIMPAN SAYURAN AGAR LEBIH TAHAN LAMA DAN TETAP SEGAR

0
299

1. Cerdas Ketika Membeli Sayuran

Ketika kamu membeli sayuran sebagai persediaan, kamu harus teliti dalam membelinya. Dimana kamu harus membeli sayur yang masih segar. Hindari membeli sayur yang sudah  tidak dalam keadaan segar, karena itu akan membuat sayur tidak bisa bertahan lama.

2. Cuci Sayuran yang Baru Kamu Beli

Cuci sayur yang baru kamu beli, kamu harus mencucinya sesuai jenisnya. Misalkan kelompok sayur hijau, dan untuk sayur lainnya seperti labu siam, wortel, lobak, terong, sawi putih dan lainnya, diharapkan dicuci satu persatu agar benar-benar bersih. Sedangkan untuk sayuran yang mudah lembek seperti oyong, maka anda cukup mencucinya sebanyak 2 kali saja atau membilasnya, karena sayur tersebut sudah memiliki kadar air yang cukup banyak. Sayur yang sudah dicuci jangan langsung disimpan, melainkan ditiriskan terlebih dahulu.

3. Jangan Menyimpan Sayuran yang sudah Dipotong

Jangan menyimpan sayur yang sudah dipotong Hindari menyimpan sayuran ketika dalam keadaan sudah terpotong-potong, karena menyimpan sayur dalam keadaan utuh akan membuat sayur lebih tahan lama.

4. Memastikan Kulkas Bersih atau Tidak

Pastikan kulkas bersih dan pastikan juga jika kulkas bersuhu pas. Kulkas adalah tempat yang tepat untuk menyimpan sayuran karena suhu di dalamnya sejuk dan dingin. Suhu di dalam kulkas sebaiknya yaitu antara 1-4 derajat celcius. Apabila lebih tinggi dari itu maka akan menyebabkan timbulnya bakteri yang nantinya akan mempengaruhi rasa dan aroma makanan yang disimpan di dalamnya, sementara jika lebih rendah dari itu maka akan membuat sayuran beku.

5. Letakkan dengan Rapih Sayuran di dalam Kulkas

Letakan dengan benar dan rapih sayuran di dalam kulkas, kamu harus mengetahui seperti apa dan bagaimana caranya menata sayur yang baik dan benar di dalam kulkas.

Bagian yang sangat pas digunakan untuk menyimpan sayuran yaitu bagian badan kulkas. Pada umunya kulkas memiliki 4 rak, dimana lantai yang paling bawah digunakan untuk menyimpan sayur berdaun hijau, karena letaknya paling bawah dan memiliki suhu dingin yang stabil. Untuk rak ke-2 bisa kamu gunakan untuk menyimpan sayuran yang memiliki kadar air rendah seperti wortel dan kol. Rak ke-3 bisa digunakan untuk menyimpan bumbu-bumbu, seperti bawang merah, bawang putih dan lainnya.

Dan rak ke-4 bisa kamu gunakan untuk menyimpan sayuran berkadar air tinggi karena suhu dilantai 4 lebih dingin dibandingkan dengan suhu yang lainnya. Sayur-sayuran berkadar air tinggi seperti terong, tomat, timun, dan lain sebagainya.

6. Masukan Sayuran ke dalam Kantong Plastik

Masukan sayur ke dalam kantong plastik sebelum disimpan, akan lebih baiknya jika sayuran dimasukan terlebih dahulu ke dalam plastik berlubang. Menyimpan sayuran ke dalam plastik pun merupakan salah satu cara tepat untuk mempertahankan sayuran agar tidak mudah rusak, karena ketika sayuran dibungkus oleh plastik dan disimpan di dalam kulkas maka kelembaban sayur akan lebih berkurang. Jika disimpan tanpa dimasukan ke dalam plastik, maka sayuran akan lebih mudah kering.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here