BENARKAH MENGONSUMSI MAKANAN PEDAS DAPAT MENIMBULKAN JERAWAT?

0
250

Lidah Masyarakat Indonesia tentu identik dengan rasa pedas. Alasannya mereka menyukai rasa pedas dalam masakannya pun bervariasi. Ada yang beralasan bahwa makanan tidak enak jika tidak pedas, rasanya pun hambar saat dimakan, terbiasa dengan rasa pedas, dan sebagainya.

Namun ada juga sebagian orang yang justru menghindari makanan pedas. Selain karena tak kuat pedas dan khawatir pencernaannya akan terganggu, ternyata mereka juga takut untuk menyantap makanan pedas karena dapat memicu tumbuhnya jerawat di wajah.

Benarkah ada hubungan antara menyantap makanan pedas dengan masalah jerawat pada wajah?

Menurut Dr. Edwin Tanihaha, Sp.KK. memang ada kaitannya antara makanan pedas dengan munculnya jerawat.

“Makanan pedas itu banyak mengandung lemak sehingga untuk beberapa orang itu dapat bereaksi memicu tumbuhnya jerawat di wajah,” terangnya.

Artinya, tidak semua orang yang menyantap makanan pedas mudah berjerawat. “Misalnya, ada orang makan pedas dan berjerawat, sementara temannya yang lain tidak apa-apa. Nah, artinya ini dipicu oleh genetika atau alergi yang dibawa sejak orang tersebut lahir,” tandasnya.

Edwin menyarankan, jika kita sudah menyadari adanya masalah genetika, ada baiknya kita mengontrol untuk tidak terlalu sering makan makanan pedas. Selain itu, imbangi asupan harianmu dengan makanan-makanan sehat, seperti buah dan sayur yang banyak mengandung serat dan juga antioksidan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here