ALASAN BAYI MENANGIS SAAT BARU LAHIR KE DUNIA

0
599

Seluruh bunda pasti akan merasa bahagia saat mendengar tangisan bayinya ketika baru saja keluar dari kandungannya, karena ini juga menjadi salah satu indikator yang menandakan bahwa bayinya lahir dalam keadaan selamat. Seperti yang kita ketahui bahwa bayi hanya bisa berkomunikasi lewat tangisannya saja.

Selama di dalam kandungan, bayi hidup dalam ruang yang berair. Rahim adalah tempat yang hangat, sunyi dan nyaman untuk bayi, sedangkan dunia luar dingin dan itu justru dianggap aneh bagi bayi. Tentu ketika bayi lahir ke dunia, ia seperti merasakan perubahan lingkungan.

Itu adalah alasan utama di balik tangisan bayi yang baru lahir. Tetapi faktor lainnya ialah saat lahir adalah waktu pertama kali bayi menggunakan paru-parunya sendiri untuk bernapas.

Ketika baru saja keluar dari perut sang ibu, bayi yang langsung menangis itu berfungsi untuk membuka sirkulasi udara untuk mengirim oksigen melalui paru-paru. Tangisan sang bayi membantu untuk membuka paru-parunya agar bisa menghirup oksigen.

Proses tersebut dirasa sulit bagi bayi karena saat di rahim ia belum pernah melakukannya. Maka dari itu, akhirnya ia menangis untuk menghapus cairan ketuban yang ada di paru-paru.

Selain itu, ketika bayi lahir (bagi yang melalui operasi caesar), ia tidak memiliki pengalaman seperti bayi yang lahir lewat persalinan vaginal. Dalam hal ini, penting untuk mereka mengeluarkan cairan ketuban, caranya dengan menangis.

Jika bayi baru lahir tidak mengeluarkan suara atau tangisan, maka dokter harus segera melakukan tindakan untuk membuatnya menangis

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here