BAHAYA! 5 MAKANAN INI TIDAK BOLEH DIPANASKAN LAGI

0
594

1. Sayur Bayam

Mungkin teman-teman sudah pernah mendengar kalau bayam tidak boleh dipanaskan lagi. Hal ini disebabkan karena adanya zat kimia nitrat pada bayam. Kalau dipanaskan, nitrat akan berubah asam nitrat yang beracun bagi tubuh. Asam nitrat juga bisa berubah menjadi nitrosamin. Nitrosamin adalah zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu, hal ini juga akan membuat darah sulit membawa oksigen ke seluruh tubuh. Akibatnya, tubuh akan kekurangan oksigen.

2. Kentang

Kentang juga tidak boleh dipanaskan. Kalau dipanaskan maka nutrisi di dalamnya akan hilang. Selain itu, kalau dipanaskan berulang-ulang bisa tumbuh bakteri Clostridium botulinum. Bakteri ini dapat menyebabkan tubuh keracunan atau disebut juga botulisme. Racun ini bisa menyerang sistem saraf yang ada di otak dan tulang belakang.

 

3. Ayam dan Telur

Ayam dan Telur mengandung banyak nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh kita. Kalau dipanaskan nutrisi di dalamnya akan hilang. Komposisi proteinnya pun akan berubah dan menimbulkan zat yang berbahaya bagi tubuh. Khusus untuk telur, jika dimasak dalam keadaan utuh lalu dipanaskan lagi bisa menjadi beracun lo.

 

4. Jamur

Jamur yang sudah dimasak juga jangan dipanaskan lagi.  Selain rasa, komposisi proteinnya juga dapat berubah bahkan menghilang. Kalau sudah begitu, manfaatnya akan berkurang bagi tubuh kita. Hal ini juga bisa menyebabkan kita mengalami gangguan pencernaan. Contohnya seperti diare dan perut kembung.

 

5. Masakan Mengandung Santan

Santan memang membuat makanan menjadi lebih gurih, tapi di dalam santan terdapat lemak. Nah, kalau dipanaskan lemak ini akan berubah menjadi lemak jahat. Pemanasan yang berulang-ulang dapat membuat lemak jahat semakin menumpuk. Lemak ini dapat menyebabkan kolesterol.

 

 

Itu tadi beberapa makan yang tidak boleh dipanaskan. Kalau dipanaskan bisa berakibat buruk bagi kesehatan tubuh kita dan membuat kita menjadi sakit.

Jangan lupa beri tahu orangtuamu, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here