PENEMUAN SPESIES DINOSAURUS BARU

0
543

Ilmuwan China baru saja mengungkapkan penemuan spesies dinosaurus yang mengejutkan. Mereka berhasil mengungkapkan Ambopteryx longibrachium, dinosaurus yang mempunyai sayap seperti kelelawar.

Para ilmuwan sekaligus ahli paleontologi yang dipimpin oleh Min Wang dari Academy of Sciences menemukan bukti lebih lanjut mengenai dinosaurus bersayap membran.

Tak seperti dinosaurus yang biasanya kita kenal berkat ukurannya yang besar, dinosaurus ini sangat imut karena seukuran burung merpati.

Diterjemahkan dari bahasa Latin, ”pteryx” berarti anggota tubuh bagian depan yang memanjang. Kata ”pteryx” mengacu pada ptesaurus, sayap membran yang menempel pada anggota tubuh bagian depan yang memanjang.

Lebih khusus lagi, Ambopteryx adalah dinosaurus non-unggas scansoriopterygid (ejaan: skan-sor-ee-op-ter-ee-jid). Scansoriopterygid adalah sekelompok kecil dinosaurus imut berbulu yang beratnya kurang dari 1 pon atau 0,45 kilogram.

Mereka memiliki tangan dan jari yang panjang dan kemungkinan menghabiskan hari-hari mereka berkeliaran di pohon.

Ahli paleontologi di China menemukan spesies baru scansoriopterygid yang dijuluki Yi qi (artinya: sayap aneh). Analisis sayap pada Yi qi belum pernah terlihat sebelumnya pada dinosaurus, namun itu terlihat ada pada kelelawar dan tupai terbang.

Beberapa ahli paleontologi mengklaim Yi qi sebenarnya tidak memiliki sayap. Oleh karena itu, penemuan Ambopteryx longibrachium sangat berharga di dunia penelitian.

Itu semakin membuktikan bahwa beberapa scansoriopterygid memang menampilkan sayap membran yang mirip dengan kelelawar modern. Mengenai apakah dinosaurus ini mengepakkan sayapnya, melayang di udara, atau bahkan bisa terbang, tetap merupakan pertanyaan terbuka dan akan diteliti lagi.

Penemuan dinosaurus imut bernama Ambopteryx longibrachium ini sangat menarik karena spesies dinosaurus ternyata mempunyai banyak keunikan di luar perkiraan kita.