FAKTA MENGENAI PESAWAT YANG TIDAK DIKETAHUI BANYAK ORANG

0
1402

1. Di Dalam Kopit Ada Alat Yang Bentuknya Seperti Kapak Dan Berwarna Merah

Alat itu adalah salah satu peralatan darurat yang harus ada dalam ruang kopit. Fungsinya untuk membuka pintu pada saat pesawat dalam keadaan darurat. Biasanya benda itu ada di belakang kursi kemudi pilot. Bentuknya mirip kapak tapi ada lubang dan berwarna merah.

 

2. Ada Benda Seperti Kait Di Sayap Pesawat Untuk Keadaan Darurat

Jadi benda itu berfungsi untuk mengait tali yang digunakan sebagai pegangan penumpang saat dievakuasi melalui pintu darurat. Mengingat sayap pesawat licin maka tali yang dikaitkan itu bisa menjadi alat bantu evakuasi.

 

3. Jendela Pesawat Memiliki Lubang Kecil

Tahu apa fungsinya? Lubang kecil itu bukan dibuat untuk aksessoris atau pemanis. Lubang kecil ini berfungsi sebagai regulator tekanan  yang ada dalam kabin. Selain itu lubang kecil itu juga berfungsi untuk mengatur aliran udara.

 

4. Ada Ruang Rahasia Di Dalam Pesawat

Ruang rahasia itu biasa digunakan untuk istirahat para awak pesawat. Ruangan ini hanya diketahui oleh awak kabin saja. Biasanya ada di bagian atau belakang pesawat.

 

5. Saat Naik Pesawat Kamu Pasti Mendengar Suara Bising

Nah itu berasal dari APU. APU adalah suatu sumber daya mandiri. Alat ini adalah salah satu komponen pesawat dan digunakan untuk memberikan energi sistem pesawat ketika pembangkit listrik tidak beroprasi atau ketika daya eksternal tidak tersedia.

 

6. Tanda Segitiga Pada Dinding Pesawat

Tanda segitiga yang berwana hitam itu memiliki fungsi sebagai tanda di mana sayap pesawat dapat dilihat dengan baik. Hal ini berfungsi saat terbang dan ternyata ada indikator yang rusak, pilot bisa mengintip posisi sayap pesawat pada kondisi flap dari tempat yang sudah bertanda itu.

Yang paling utama, tanda ini sangat berguna pada kondisi musim dingin, untuk memastikan sayap pesawat telah bebas dari es dan salju.

 

7. Udara Dalam Kabin Sebenarnya Berasal Dari Kompresor

Udara dalam kabin ternyata yang berasal dari masing-masing turbinnya Udara yang ada di dalam Kabin memang berasal dari luar. Tapi Kamu nggak perlu cemas udara tersebut akan kotor, karena udara yang masuk di dalam kabin sudah di filter dan dinginkan sebelumnya. Jadi, Kamu tetap bisa menikmatinya dengan fresh.

 

8. Masker Oksigen Darurat Pesawat Hanya Bisa Digunakan Selama 15 Menit

Inilah kenapa masker oksigen hanya digunakan pada saat darurat saja. Tentunya Kamu pun enggan terjebak dalam situasi seperti itu kan? Jadi saat terjadi kondisi darurat, pada waktu kurang dari 15 menit pesawat harus dibawa ke ketinggian normal.

Nah itulah fakta tentang pesawat yang mungkin Kamu harus tahu. Nah, dari list tersebut mana yang sudah Kamu tahu sebelumya?

Semoga Artikel ini bermanfaat untuk kalian yaa 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here