Kisah Abu Qudamah & Pemuda Yang Ingin Mati di Medan Perang – Ust. Khalid Basalamad Lc,MA

0
866

Hari itu, di salah satu sudut Masjid Nabawi berkumpullah Abu Qudamah dan para sahabatnya. Abu Qudamah adalah seorang yang hatinya dipenuhi kecintaan akan jihad fi sabilillah. Tak pernah ia mendengar akan jihad fi sabilillah, atau adanya perang antara kaum muslimin dengan orang kafir, kecuali ia selalu ambil bagian bertempur di pihak kaum muslimin.

Pada saat tengah malam, ada seorang wanita mengetuk rumah Abu Qudamah. Beliau enggan membuka pintunya karena takut akan terjadi fitnah. Hingga sampai wanita itu berkata “Wahai Abu Qudamah, bukankah kau yang memotivasi kami berjihad? Saya terpengaruh oleh itu, saya ingin menyumbang sesuatu. Bukalah pintunya”. Mendengar perkataan sang wanita itu, lantas Abu Qudamah membuka pintunya dan menanyakan keperluan wanita itu.

Abu Qudamah terheran-heran dengan ke-imanan wanita ini setelah mendengar yang ia katakan. Wanita itu berkata “Satu-satunya keindahan di tubuh saya adalah rambut saya wahai Abu Qudamah, saya telah memotongnya dan tolong jadikanlah rambut saya menjadi tali kekangan kudamu, agar minimal rambutku ikut berperang”. Setelah Abu Qudamah menerima rambut sumbangan itu dan ingin menutup pintunya, wanita itu menahan dan memohon satu permintaan lagi kepada beliau. Wanita itu berkata “Saya mewariskan anak saya yang untuk ikut berjihad”. Kata Abu Qudamah “Baiklah”.

Keesokan harinya, lantas datanglah seorang anak kecil yang dengan beraninya mendatangi Abu Qudamah dan mengutarakan maksudnya ingin berangkat perang. Abu Qudamah melarangnya, namun si anak kecil itu sontak berkata, “Bukankah Engkau mengetahui bahwa Allah SWT berfirman “Berangkatlah kamu baik dalam keadaan ringan maupun berat..” (QS. At-taubah: 41)

Sontak Abu Qudamah tercengang dan akhirnya ia dengan perasaan heran bercampur kasihan mengizinkan anak kecil itu untuk berperang. Bagaimana kisah Abu Qudamah dan pemuda ini dalam berjihad ? Tonton full videonya, ceramah dari Ust. Khalid Basalamah Lc,MA

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here