TAHUKAH KAMU.. KEBIASAAN MENGHISAP DARAH TERNYATA DAPAT MEMPERCEPAT SEMBUHNYA LUKA

0
983

Menurut seorang peneliti dari Belanda, kebiasaan menghisap darah pada jari yang kerap kita lakukan  ketika terluka juga memilikki manfaat. Pernyataan ini tertera pada jurnal The FASEB yang menyatakan bahwa ada suatu senyawa dalam air liur manusia yang ternyata  dapat mempercepat proses penyembuhan pada bagian tubuh yang terluka.

Nama senyawa tersebut ialah histatin. Senyawa ini diyakini ampuh untuk membunuh bakteri dan juga menyembuhkan luka. Berdasarkan penelitian yang pernah dilakukan di Jepang pada tahun 2001 seperti yang dikutip dari cbn.com, air ludah mengandung 40 sampai 50 protein. Tiap protein punya fungsi yang berbeda-beda. Yaitu salah satunya untuk menangkal debu, sinar, dan bahan kimia.

Selain itu, Nigel Benjamin, dokter spesialis farmakologi klinis dari London School of Medicine and Dentistry mengatakan bahwa air liur yang mengenai kulit akan mengubah nitrat (komponen alami air liur) menjadi nitrat oksida yang melindungi luka yang teriris dari bakteri.

 

Dalam penelitian lain juga disebutkan bahwa air liur mengandung antibakteri alami lainnya, yaitu lactoferin dan lactoperioxidase. Bersama nitrat oksida, antibiotik alami ini mampu menghalangi perkembangan infeksi.

 

Hanya saja, menghisap jari terluka sebaiknya dijadikan sebagai pertolongan pertama saja. Begitu pendarahan berhenti, kamu harus tetap harus mencegah agar lukamu sebelum menjadi infeksi, apalagi kalau luka menjadi lebih dalam. Meskipun begitu, tak ada salahnya kalau kamu tetap menghisap jarimu yang telah berdarah untuk meredakan perih atau menghilangkan darahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here