PEREMPUAN MEMILIKI DAYA INGAT YANG LEBIH TAJAM DIBANDING LAKI-LAKI

0
1860

Peneliti asal Italia dan Inggris yang terlibat dalam penelitian ini tidak mengetahui alasan pasti mengapa ingatan perempuan bisa lebih tajam. Kemugkinan hal ini disebabkan kaum hawa melatih kemampuan mengingatnya dari pekerjaan rumah dan kantornya sehari-hari.

Hasil penelitian ini didapatkan usai melakukan serangkaian tes memori terhadap 100 wanita dan juga laki-laki dari usia 15 hingga 40 tahun.

Ingatan terbaik wanita yakni mengingat agenda atau acara dibandingkan mengingat waktu secara lebih spesifik.

Sebuah penelitian neurologi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association pada 2015 mencatat bahwa cara kerja otak perempuan lebih efektif untuk mengingat hal-hal yang terjadi padanya sehari-hari.

Ketika diberi tugas khusus untuk menguji daya ingat, peserta wanita yang berusia 30 sampai 95 tahun itu  mampu mengingat berbagai hal dengan baik. Contohnya : wajah seseorang, peristiwa penting, suara, bau dan aroma, serta letak benda-benda di rumah. Inilah mengapa seorang istri atau ibu biasanya jadi orang yang paling bisa diandalkan ketika sang ayah ataupun anak lupa menaruh barang di rumah.

Hal ini disebabkan karena memori otak pada pria menyusut pada usia 20-40 tahun, sedangkan hal ini tidak berpengaruh pada kaum hawa.

Tak hanya itu, Palermo dan tim menyimpulkan kemungkinan lain yang bisa menyebabkan perbedaan daya ingat antara perempuan dan laki-laki. Menurut mereka, perempuan telah terbiasa menjalani pola multitasking dalam kehidupan mereka.

Kaum Hawa dituntut untuk menyelesaikan kewajiban di rumah, mengurus suami dan anak, serta tetap bekerja di kantor. Inilah yang melatih kemampuan memori mereka berkembang jadi  lebih baik.

“Sebuah hipotesis menunjukkan bahwa tanggung jawab wanita lebih banyak dibanding pria, sehingga akibat positif dari peran sosial ini membuat kemampuan wanita dalam mengingat jadi terasah,” terang sang peneliti Liam Palermo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here