SAGITTARIUS SERPENTARIUS

0
2143

Dinamakan secretary bird (Sagittarius Serpentarius), burung ini merupakan hewan endemik di Afrika. Sama seperti kebanyakan sekretaris, makhluk ini mempunyai paras yang sangat cantik.

Namun bukan itu di balik alasan penamaan burung sekretaris.

Nama tersebut diberikan karena bulu di bagian belakang hewan ini mirip dengan model rambut pegawai pada abad ke-18. Meski cantik, burung sekretaris merupakan predator yang kejam pada padang rumput dan sabana di wilayah sub-Sahara, Afrika. Tak seperti sekretaris pada umumnya, makhluk ini nggak doyan sama sekali dengan makanan cepat saji.

Ia lebih memilih berburu dengan berjalan-jalan atau berlari di padang rumput. Benar, seperti namanya yang nyentrik, tingkah burung sekretaris juga sangat nyeleneh. Meski ia bisa terbang, hewan ini lebih memilih berjalan, mengendap-endap, dan mengintai mangsanya di tanah.

Burung sekretaris termasuk hewan diurnal, sehingga mereka berburu mangsa di siang hari. Mereka memiliki sarang di atas pohon Akasia atau bahkan di atas tanah, dan akan kembali ketika malam hari. Hewan nyentrik tersebut sebenarnya memiliki kemampuan terbang tinggi, namun mereka lebih memilih berburu dan menghabiskan sebagian besar waktu di atas tanah.

Burung ini terkenal dengan perilaku kejam ketika memangsa buruannya. Tak jarang mereka akan menyobek atau mematahkan kaki kadal sebelum memakan mereka. Buruan favorit burung sekretaris bukanlah popularitas di mata bosnya, namun lebih pada hewan melata yang dapat mengenyangkan perut mereka. Burung sekretaris suka memakan tikus, kadal, kepiting, kura-kura, telur burung lain bahkan ular.

Tak jarang, mereka juga menyantap ular kobra sebagai makanan pokok mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here