JOHANNES KEPLER, SOSOK YANG ADA DI BALIK HUKUM GERAK PLANET

0
1663

1. Pergerakan Planet Berbentuk Elips

Bertahun – tahun menganalisis data – data posisi Mars dan menemukan bahwa pergerakan planet – planet tidak melingkar sempurna mengelilingi matahri, tetapi berbentuk Elips. Walaupun Copernicus telah menerbitkan tulisannya tentang Teori Heliosentris, tidak semua orang setuju dengannya. Salah satunya, Tycho Brahe (1546-1601) dari Denmark yang mendukung teori matahari dan bulan mengelilingi bumi sementara planet lainnya mengelilingi matahari. Tahun 1576, Brahe membangun sebuah observatorium di pulau Hven, di laut Baltic dan melakukan penelitian disana sampai kemudian ia pindah ke Praha pada tahun 1596.

Di Praha, Brahe menghabiskan sisa hidupnya menyelesaikan tabel gerak planet dengan bantuan asistennya Johannes Kepler (1571-1630). Setelah kematian Brahe, Kepler menelaah data yang ditinggalkan Brahe dan menemukan bahwa orbit planet tidak sirkular melainkan berbentuk elips dengan Matahari berada di titik fokus elips itu.

 

2. Mempublikasikan Astronomia Nova (The New Astronomy) pada 1609

Johannes Kepler mempublikasikan Astronomia Nova (The New Astronomy) pada 1609 yang memuat dua hukum pertama Kepler tentang gerakan planet. Buku tersebut merupakan buku astronomi modern pertama.

Di dalam astronomi, tiga Hukum Gerakan Planet Kepler adalah:

– Setiap planet bergerak dengan lintasan elips, Matahari berada di salah satu fokusnya.

– Luas daerah yang disapu pada selang waktu yang sama akan selalu sama.

– Perioda kuadrat suatu planet berbanding dengan pangkat tiga jarak rata-ratanya dari Matahari.

Ketiga hukum di atas ditemukan oleh ahli matematika dan Astronomi Jerman: Johannes Kepler (1571–1630), yang menjelaskan gerakan planet di dalam tata surya. Hukum di atas menjabarkan gerakan dua benda yang saling mengorbit.

 

3. Mencetuskan Istilah “Orbit” dan “Satelit”

Johannes Kepler adalah orang pertama yang mencetuskan istilah “Orbit” dan “Satelit” serta menjelaskan bagaimana gelombang laut disebabkan oleh bulan.

 

4. Gaya Magnetiklah Yang Menyebabkan Planet Tetap Dalam Orbit

Johannes Kepler juga menduga bahwa gaya magnetiklah yang menyebabkan planet tetap dalam orbitnya, sebelum akhirnya Newton menemukan konsep gravitasi

 

Semoga Artikel ini dapat menambah wawasan kalian ya! 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here