MITOS-MITOS BERPUASA YANG PERLU KAMU KETAHUI KEBENARANNYA

0
1156

1. Wajib Puasa tanpa Terkecuali

Salah satu mitos yang sering dipercaya saat bulan puasa yakni seluruh umat muslim wajib berpuasa, tak peduli apapun yang terjadi. Padahal dalam ajarannya, puasa hanya diperuntukan bagi siapa saja yang memiliki kondisi tubuh yang sehat dan mampu menjalankan puasa. Bagi yang sakit tidak dianjurkan dan bisa mengganti puasa dilain hari saat tubuh kembali dalam keadaan sehat wal-afiat.

 

2. Larangan Puasa hanya untuk Makan dan Minum

Banyak orang yang menganggap bahwa saat bulan Ramadan yang terpenting hanya menahan haus dan lapar saja. Padahal sebenarnya kamu juga harus menjaga diri dari perkataan dan sifat yang tidak baik. Kamu juga dianjurkan untuk bisa lebih sabar dalam menahan diri, mengontrol emosi, membicarakan orang dan sifat negatif lainnya.

 

3. Tidak boleh Gosok Gigi

Banyak masyarakat yang menganggap bahwa menyikat gigi dapat membatalkan ibadah puasa yang sedang kita jalani karena air yang masuk ke mulut dapat tertelan. Padahal saat tidak mengonsumsi apapun selama seharian maka mulut akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Jadi setiap orang boleh menyikat gigi untuk menjaga kebersihan fisik.

 

4. Tidak boleh Menelan Ludah

Keluarnya air liur, dahak, ludah dan semacamnya, adalah satu hal yang biasa bagi manusia karena merupakan bagian metabolisme dalam tubuh. Ini hal yang tidak mungkin tidak dapat kamu lakukan, yaitu jikalau kamu tidak menelan ludah sendiri selama seharian penuh. Menelan ludah tidak membuat puasamu batal kok!

 

5. Tidak boleh Menggunakan Obat

Konsumsi obat memang dilarang karena dapat membatalkan ibadah puasa yang kamu jalani. Tapi ternyata tidak seluruhnya. Sebuah Dewan Muslim di Inggris telah mengeluarkan pernyataan bagi orang yang mengonsumsi obat tertentu seperti obat tetes mata, tetes telinga, dan suntikan tetap dapat melanjutkan ibadah puasanya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here