THALASSOPHOBIA

0
1655

Fobia atau gangguan anxietas fobik adalah rasa ketakutan yang berlebihan pada sesuatu hal atau fenomena. Bagi sebagian orang, perasaan takut seorang pengidap fobia sulit dimengerti. Bagi pengamat fobia, dirasa lucu ketika ada seseorang berbadan besar, takut dengan hewan kecil seperti kecoak atau tikus. Sementara, di bayangan mental seorang pengidap fobia, subjek tersebut menjadi benda yang sangat besar, berwarna, sangat menjijikkan ataupun menakutkan.

Udah pernah dengar yang namanya Thalassofobia? Jika belum, itu adalah sebuah ketakutan yang sangat kuat dan terus-menerus akan laut. Mudahnya, mereka yang mengidap Thalassofobia akan sangat ngeri berada di laut atau samudera karena pikiran-pikiran mereka menimbulkan hal-hal mengerikan hingga mengancam nyawa.

Thalassofobia (Yunani: thalassa, “laut” dan φόβος, phobos, “takut”) adalah ketakutan yang kuat dan terus-menerus terhadap laut. Thalassofobia merupakan fobia klinis yang pada umumnya diklasifikasikan ke dalam fobia spesifik, yaitu ketakutan akan hal tertentu yang memicu kepanikan. Gejala thalassofobia sama seperti fobia yang paling spesifik.

Meskipun termasuk fobia klinis, sering disertai gangguan kecemasan lainnya. Dalam beberapa kasus obat ansiolitik dapat diresepkan atau Terapi Perilaku Kognitif (Cognitive Behavioral Therapy / CBT) dapat diindikasikan. Thalassofobia dapat mencakup takut masuk ke dalam air, takut akan kekosongan laut yang besar, dan takut jarak dari daratan. Thalassofobia juga mungkin takut menghadapi makhluk laut daripada laut itu sendiri.

 

Nah itu dia penjelasan dari Thalassofobia, apakah kamu salah satunya?

Semoga Artikel ini dapat bermanfaat yaa 🙂

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here