SUDAH TAHUKAH KAMU.. 5 MINUMAN INI DILARANG SAAT BUKA PUASA LHO!

0
1873

1. Minuman Bersoda

Disarankan untuk tidak meminum minuman yang bersoda baik saat buka puasa atau setelahnya. Itu dikarenakan, minum minuman bersoda saat puasa dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan rasa penuh atau begah pada perut.

Gelembung karbondioksida dalam minuman soda akan meningkatkan gas di saluran pencernaan. Apalagi perut dalam keadaan kosong, lambung otomatis akan kaget dan meningkatkan kadar asam. Hal ini bisa menimbulkan beberapa masalah seperti asam di mulut, sensasi panas di dada, hingga maag.

 

2. Es Krim

Suhu yang dingin baik pada makanan ataupun minuman akan membuat perut kamu kaget karena adanya perbedaan suhu, apalagi selama puasa perutmu tak mengonsumsi apapun. Oleh karena itu, memilih es krim sebagai menu berbuka bukan hal yang tepat. Ada baiknya kamu mengonsumsi minuman yang suhunya sama dengan suhu ruangan terlebih dahulu.

 

3. Susu Full Cream

Saat sedang berpuasa, metabolisme dan cara kerja organ tubuh kita banyak yang berubah. Maka tak heran, butuh sedikit waktu bagi sistem pencernaan untuk beradaptasi dan kembali menjadi normal.

Oleh karena itu, kamu perlu mengenali perubahan fisiologis dalam tubuh kamu. Pasalnya, beberapa orang mengalami gangguan pencernaan dan lambung saat meminum susu usai buka puasa.

 

4. Kopi

Kopi bukan minuman yang aman untuk dikonsumsi saat berbuka. Kafein yang dikonsumsi saat baru saja berbuka akan masuk ke dalam lambung yang dalam keadaan kosong. Zat ini dapat melukai dan merusak mukosa lambung. Akibatnya, kembung dan gangguan pencernaan pun dapat timbul.

 

5. Kolak Pisang

Ternyata menu satu ini punya dampak yang kurang baik pada tubuh jika langsung disantap saat berbuka. Padahal kolak pisang kerap dijadikan takjil saat berbuka puasa.

Alasannya, minuman bersantan ini dapat membuat tubuhmu kaget. Karena termasuk hidangan yang cukup “berat” bagi perutmu yang kosong selama belasan jam.

Apabila metabolisme tubuhmu sedang dalam kedaaan kurang baik, maka bisa menimbulkan gejala seperti kenaikan asam lambung, iritasi lambung, masalah pencernaan, hingga rasa begah setelah makan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here