5 CARA INI EFEKTIF BANTU KAMU MENGINGAT MATERI BELAJAR LHO!

0
1928

1. Fokus pada Materi yang Dipelajari

Disaat kamu hanya punya waktu yang singkat untuk belajar, maka fokuslah pada materi yang dipelajari. Caranya kamu bisa membaca kembali sumber buku dari mata pelajaran yang diujikan. Tandai bagian penting yang menjadi inti dari pembahasan dalam buku tersebut. Disarankan juga untuk membaca kembali catatan atau sumber-sumber yang diberikan oleh guru atau dosenmu.

 

2. Visualisasikan Materi dengan Kehidupan Sehari-hari

Agar materi yang dipelajari dapat diingat dengan mudah kamu perlu menvisualisasikannya dalam pikiran. Kamu bisa menghubungkan materi-materi pelajaran tersebut dengan apa yang ada di sekitarmu. Seperti contoh, apabila kamu sedang mempelajari tentang teknik komunikasi maka praktekkanlah apa yang selama ini kamu kuasai dan bagaimana cara berkomunikasi yang benar kepada orang-orang di sekitarmu.

3. Jauhkan Diri dari Media Sosial

Salah satu godaan terbesar di era yang semakin canggih ini adalah sosial media. Kehadirannya bisa menyita banyak waktumu yang sebenarnya bisa dimanfaatkan untuk mengerjakan hal lain termasuk belajar. Nah, agar pikiranmu tidak terganggu saat belajar maka jauhkan semua gadget yang kamu punya agar aksesmu pada sosial media pun berkurang.

4. Buatlah Ruang Belajarmu Senyaman Mungkin

Setelah segala persiapan sudah kamu tempuh, langkah selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah menjadikan ruang belajarmu menjadi tempat belajar yang nyaman. Agar efektif, kamu bisa membereskan buku-buku yang sudah tak terpakai dan segala macam benda yang memenuhi meja belajar. Penampilan meja belajar yang lapang akan menciptakan mood positif dan bisa membuat kegiatan belajar menjadi lebih menyenangkan.

 

5. Jaga Asupan Gizi dan Cairan Tubuh

Ketika terjaga sepanjang malam ditambah harus belajar materi untuk ujian, tubuhmu pasti memerlukan energi. Energi yang dipakai harus pula diimbangi dengan asupan gizi dan cairan yang baik.

Kamu bisa mengonsumsi air mineral dan buah-buahan untuk menjaga tubuhmu dalam kondisi prima. Selain itu, dirimu dapat mengonsumsi cokelat sebagai pengganti kopi. Beberapa studi dari para ahli telah membuktikan bahwa cokelat membantu meningkatkan kemampuan otak.

Kelima cara ini bisa kamu praktekkan jika harus belajar dan mengingat materi dalam waktu yang singkat. Selamat belajar!

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here