PENYEBAB ADANYA CEGUKAN PADA MANUSIA

0
4305

1. Kurangnya Cairan Tubuh

Cairan yang ada pada tubuh sangat membantu dalam proses pencernaan makanan. Apabila tubuh kekurangan cairan, makanan jadi sulit untuk diolah sehingga itu mempengaruhi fungsi diafragma. Maka dari itu tiap kali kita mengalami cegukan, orang di sekitar kita pasti menyarankan untuk segera minum air putih.

 

2. Terlalu Banyak / Terlalu Cepat saat Makan dan Minum

Cegukan juga sering dialami oleh orang yang terlalu banyak mengunyah makanan atau meminum air dengan tergesa-gesa atau dalam taraf yang banyak. Makan dengan porsi yang berlebihan menyebabkan perut begah, dan itu mendorong diafragma untuk berkontraksi. Begitu juga ketika kamu makan terlalu cepat, akan ada banyak udara yang ikut masuk ke dalam tenggorokan saat kamu menelan makanan. Nah, hal inilah yang kemudian memicu suara ‘hik’ saat cegukan.

 

3. Mengonsumsi Makanan yang Terlalu Panas atau Terlalu Dingin

Karena cegukan biasa terjadi setelah makan, lantas banyak yang berpikir bahwa penyebab cegukan berasal dari makanan. Beberapa jenis makanan memang dapat memicu cegukan, terutama makanan yang suhunya terlalu panas, atau yang rasanya pedas. Hal itu terjadi karena sulit dikunyah, jenis makanan yang terlalu panas ataupun pedas rentan melukai dan mengakibatkan iritasi di lapisan kerongkongan. Sejumlah saraf yang ada di kerongkongan akan terangsang dan memicu kontraksi diafragma, sehingga pada akhirnya menyebabkan cegukan.

 

4. Minum Minuman Bersoda

Ketika kamu sedang asik minum minuman bersoda tak jarang yang akan merasakan akibat negatifnya, yaitu cegukan. Tentu ini sangat mengganggu momenmu yang sedang berkumpul bersama keluarga atau teman dong! Lalu mengapa begitu? Ini diakibatkan karena gelembung udara dari minuman bersoda akan memenuhi rongga perut dan merangsang kontraksi diafragma. Alhasil, cegukan pun tak bisa dihindari.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here